AVIATREN.com – Porter barang di bandara Soekarno Hatta dihapus mulai  1 September 2017, PT Angkasa Pura II (Persero) secara resmi menggantinya dengan Airport Helper. Mereka adalah petugas berkaos biru yang tugasnya membantu penumpang membawa kopor atau barang bawaan lainnya.

Airport Helper sifatnya gratis, penumpang bandara diminta untuk tidak memberi tip kepada mereka. Airport Helper berada di Terminal 1, Terminal 2, dan Temrinal 3 bandara Soekarno Hatta.

Branch Communication Manager, PT Angkasa Pura II Bandara Internasonal Soekarno-Hatta, Dewando Prasetyo Nugroho dikutip AVIATREN dri Kompas.com mengatakan, hal ini dilakukan sebagai komitmen untuk menyempurnakan aspek pelayanan. Penyempurnaan aspek pelayanan dilakukan untuk mengubah pola pikir, baik para porter maupun pengguna jasa yang terkait uang tip.

“Jadi mindset-nya harus diubah, bukan lagi meminta atau memaksa dibayar, transaksi seperti itu sudah tidak ada lagi, semua gratis. Kami juga mengharapkan dari para pengguna jasa pun tidak memberikan tip lagi,” ujar Dewando.

Dewando mengatakan, diubahnya nama porter menjadi airport helper mengandung pesan bahwa bantuan yang diberikan tak hanya mengenai mengangkut barang bawaan penumpang.

“Apa pun akan dibantu selama mereka bisa membantu dalam kewenangannya. Namanya juga helper. Tidak dikenakan biaya alias free of charge and no tipping,” ujarnya.

Saat ini, tambahnya, jumlah airport helper dan pengumpul trolley di Bandara Soekarno-Hatta berjumlah 805 orang. Sebanyak tiga vendor diketahui menyuplai tenaga jasa angkut di area Bandara Soekarno-Hatta ini. Para airport helper ini digaji sesuai ketentuan upah minimum regional (UMR).