Boeing Pindahkan Kantor Pusat dari Chicago ke Kota Dekat Washington DC

AVIATREN.com – Boeing memindahkan kantor pusat (headquarters) mereka dari kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat (AS) ke kota Arlington, Virginia, AS, suatu wilayah di dekat pusat pemerintahan AS yaitu Washington DC.

CEO Boeing, Dave Calhoun mengatakan bahwa markas Boeing terbaru ini akan difokuskan untuk divisi pertahanan, divisi ruang angkasa, dan divisi keamanan Boeing.

Di sana, Boeing juga akan turut membangun pusat penelitian dan teknologi untuk menarik bakat teknik dan mengembangkan inovasi dalam sektor keamanan siber, operasi nirawak, ilmu kuantum dan perangkat lunak, hingga rekayasa sistem.

“Kami berkomitmen untuk membangun fondasi perusahaan kami di sini, di Virginia Utara,” ujar Dave, dikutip Aviatren dari FoxBusiness, Selasa (10/5/2022).

“Wilayah ini terbilang cukup strategis untuk kantor pusat global kami, mengingat kedekatannya dengan pelanggan dan para pemangku kepentingan kami, serta akses yang dekat dengan berbagai teknisi dan teknologi kelas dunia,” imbuh Dave.

Adapun pemindahan kantor pusat divisi pertahanan, ruang angkasa, dan keamanan Boeing ke Arlington ini bakal membuat perusahaan tersebut dekat dengan para petinggi di Markas Besar Militer AS di Pentagon.

Kedekatan tersebut tentunya bakal berpengaruh untuk berkompetisi dengan perusahaan lainnya yang fokus di segmen pertahanan yang berlokasi di Washington DC seperti General Dynamics, Lockheed Martin, hingga Northrop Grumman.

Selain itu, Boeing juga akan lebih dekat dengan Badan Penerbangan Federal AS (FAA) yang berkantor di Washington DC. Dengan begitu, proses yang melibatkan FAA, seperti proses sertifikasi, diprediksi bakal lebih mudah dilakukan karena Arlington dekat dengan Washington DC.

Di luar divisi pertahanan, ruang angkasa, dan keamanan, divisi pesawat komersil Boeing sendiri saat ini berkantor di Seattle, AS. Sementara itu, divisi pelayanan global Boeing terletak di area Plano, Texas, AS, dan mereka juga memiliki pabrik di wilayah Washington DC dan South Carolina.

Secara keseluruhan, Boeing sendiri saat ini memiliki sekitar 140.000 karyawan dan bermitra dengan 12.000 perusahaan di dunia. Boeing sendiri kini beroperasi di 65 negara di seluruh penjuru bumi.