Penumpang AirAsia Indonesia di Bandara Soekarno Hatta (au.ibtimes.com)
Penumpang AirAsia Indonesia di Bandara Soekarno Hatta (au.ibtimes.com)

AVIATREN.com – Maskapai AirAsia Indonesia (QZ) memperkenalkan layanan E-Boarding Pass bagi penumpang. Dengan layanan ini, penumpang tidak perlu antre di counter check-in, dan langsung menuju gate menunggu penerbangan.

Menurut keterangan tertulis AirAsia Indonesia yang diterima Aviatren, Senin (11/5/2015), E-Boarding Pass efektif berlaku mulai 5 Mei 2015, khusus untuk seluruh penerbangan domestik dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK).

Untuk menggunakan fasilitas E-Boarding Pass, penumpang cukup melakukan check-in melalui aplikasi mobile AirAsia di perangkat iOS atau Android. Aplikasi tersebut bisa diunduh di toko aplikasi masing-masing platform, yaitu Google Play Store untuk Android dan Apple App Stor untuk iOS.

Sebelumnya, penumpang yang check-in menggunakan aplikasi mobile harus mencetak boarding pass terlebih dahulu di mesin yang disediakan di bandara oleh AirAsia. Kini mereka bisa langsung menuju ke gate dengan menunjukkan E-Boarding Pass di perangkat mobile masing-masing.

Petugas AirAsia akan mencocokkan data pelanggan dengan kartu identitas dan memindai e-boarding pass. Selanjutnya, pelanggan dapat menuju pesawat. Pelanggan wajib menunjukkan e-boarding pass kepada awak kabin sebelum memasuki pesawat.

Bagi penumpang yang membawa bagasi, mereka dapat menyerahkan bagasinya terlebih dahulu di konter baggage drop di bandara, untuk selanjutnya menuju boarding gate.

Saat ini E-Boarding Pass AirAsia hanya tersedia untuk rute penerbangan domestik dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK). Namun AirAsia Indonesia berjanji ke depannya layanan tersebut akan diterapkan di berbagai hub AirAsia, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.