Aplikasi mobile AirAsia (ist.)
Aplikasi mobile AirAsia (ist.)

AVIATREN.com – Maskapai AirAsia Indonesia (QZ) mulai menggunakan layanan E-Boarding Pass terhitung sejak 5 Mei 2015, khusus untuk seluruh penerbangan domestik dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK).

Untuk menggunakan fasilitas E-Boarding Pass, penumpang cukup melakukan check-in melalui aplikasi mobile AirAsia di perangkat iOS atau Android. Aplikasi tersebut bisa diunduh di toko aplikasi masing-masing platform, yaitu Google Play Store untuk Android dan Apple App Stor untuk iOS.

Adapun syarat dan ketentuan penggunaan E-Boarding Pass menurut keterangan tertulis yang diterima Aviatren dari AirAsia Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. E-boarding pass hanya dapat digunakan untuk penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK).
  2. E-boarding pass tidak dapat digunakan untuk lebih dari satu penumpang dalam satu kode booking.
  3. E-boarding pass tidak tersedia untuk penerbangan Fly-Thru.
  4. E-boarding pass hanya dapat digunakan oleh penumpang yang melakukan check-in melalui aplikasi AirAsia Mobile dan pada ponsel pintar dimana aplikasi AirAsia dapat diinstalasi.

Petugas AirAsia akan mencocokkan data pelanggan dengan kartu identitas dan memindai e-boarding pass. Selanjutnya, pelanggan dapat menuju pesawat. Pelanggan wajib menunjukkan e-boarding pass kepada awak kabin sebelum memasuki pesawat.

Bagi penumpang yang membawa bagasi, mereka dapat menyerahkan bagasinya terlebih dahulu di konter baggage drop di bandara, untuk selanjutnya menuju boarding gate.

Saat ini E-Boarding Pass AirAsia hanya tersedia untuk rute penerbangan domestik dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK). Namun AirAsia Indonesia berjanji ke depannya layanan tersebut akan diterapkan di berbagai hub AirAsia, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.