US Airways 1549 yang ditching di sungai Hudson, New York, Januari 2009 (traveller.com.au)
US Airways 1549 yang ditching di sungai Hudson, New York, Januari 2009 (traveller.com.au)

AVIATREN.com - Masih ingat dengan kejadian U.S. Airways Flight 1549 yang mendarat di sungai Hudson, New York pada Januari 2009 lalu?

Saat itu, Airbus A320 yang digunakan dalam penerbangan tersebut mengalami birdstrike (menabrak sekelompok burung) sesaat setelah take off dari bandara La Guardia, New York. Dua mesin pesawat terbakar dan mati, membuat A320 tersebut terbang melayang tanpa daya mesin.

Kapten penerbangan, Sully Sullenberger berhasil mendaratkan (ditching) A320-nya di atas sungai Hudson, New York, menyelamatkan 150 penumpang dan lima awak pesawatnya.

Insiden yang dijuluki “Miracle on the Hudson” atau Keajabian di Sungai Hudson tersebut kini akan diangkat ke layar lebar. Aktor dan sutradara kawakan Hollywood, Clint Eastwood akan menggawangi proyek film US Airways penerbangan 1549.

Dikutip Aviatren dari Hollywood Reporter, Rabu (3/6/2015), Eastwood yang kini berusia 85 tahun itu akan membuat film di bawah kontrak dengan studio Warner Bros dan proses syuting akan dimulai pada akhir tahun ini.

“Saya senang cerita saya diangkat oleh sutradara berbakat, Clint Eastwood dan proyek ini menjadi lebih baik di tangan Warner Bros,” demikian pernyataan Kapten Sully tentang film yang menceritakan kisah heroiknya itu.