Belajar dari Menteri Marwan, Kenapa Harus Check-In 1 Jam Sebelum Terbang?

Counter check-in Garuda Indonesia (Beritasatu.com/Danung Arifin).

Counter check-in Garuda Indonesia (Beritasatu/Danung Arifin).

AVIATREN.com – Kabar tentang Menteri Transmigrasi dan Pembangunan Daerah Tertinggal Marwan Jafar yang ditinggal terbang oleh maskapai Garuda Indonesia setidaknya memberikan kita pelajaran, datanglah seawal mungkin di bandara sebelum terbang.

(Baca: Telat Check-In dan Ditinggal Terbang, Menteri Marwan Jafar Minta Direksi Garuda Diganti)

Umumnya, maskapai menghimbau penumpang untuk datang antara 40 hingga 60 menit sebelum jam keberangkatan pesawat.

Apa sih alasannya? Kenapa penumpang harus datang (check-in) hingga satu jam sebelum keberangkatan? Apa saja yang dilakukan oleh maskapai hingga butuh waktu satu jam untuk menyiapkan keberangkatan?

Blogger sekaligus pemerhati dunia penerbangan Gerry Soejatman membuat tulisan yang mencerahkan tentang jawaban-jawaban tersebut.

Dalam waktu turnover pesawat (dari on block hingga pushback lagi), kru maskapai harus bekerja cepat menyiapkan berbagai keperluan untuk penerbangan berikutnya begitu penumpang turun.

Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah proses administrasi, security and safety check, mendata, mengemas dan memasukkan bagasi, menghitung berat beban yang diangkut pesawat, menambah avtur (jika dibutuhkan), hingga membersihkan pesawat dan merapihkan kursi-kursi.

Proses tersebut bisa berbeda-beda tergantung maskapai. Ada yang memakai standar turnaround time 40 menit, ada juga yang hingga 30 menit (kebanyakan adalah maskapai low cost carrier/LCC).

Waktu turnaround 48 menit pesawat A320 (Gerry).

Waktu turnaround pesawat A320 dalam 23 menit (Gerry).

Untuk penerbangan tujuan tertentu bahkan membutuhkan waktu lebih. Seperti bandara di Beijing, China yang menerapkan aturan ketat pemeriksaan saat hendak masuk ke area ruang tunggu bandara.

Maskapai AS United Airlines bahkan membuat daftar waktu yang disarankan untuk check-in, berdasar kota-kota tujuannya.

Setelah itu selesai, masih ada pula proses boarding, penumpang masuk, menaruh cabin baggage mereka, hingga duduk dan siap untuk proses headcount.

“Inilah kenapa kita diminta untuk siap di boarding gate 20 hingga 30 menit sebelum jadwal keberangkatan,” demikian tulis¬†Gerry.

Dalam blog-nya, ia juga menjelaskan arti dari jam keberangkatan pesawat yang tertera di dalam Boarding Pass. Penjelasan lebih lengkapnya bisa dibaca di blog GerryAirways.com di tautan berikut ini.