Airbus A330 Indonesia AirAsia X (Bali-Airport).

AVIATREN.com – Pesawat-pesawat Airbus A320 dan A330 milik AirAsia Group akan dipasangi dengan solusi internet broadband buatan Inmarsat, yakni GX Aviation. Hal ini setelah ditandatanganinya kesepakatan antara keduanya, Selasa (27/9/2017) lalu.

Kecepatan internet broadband di dalam kabin pesawat Airbus milik AirAsia Group dijamin secepat internet broadband saat di darat.

Layanan ini diklaim memiliki data rate yang rendah, memastikan penumpang pesawat bisa browsing internet, stream video, membuka jejaring sosial dan banyak lagi.

Dikutip AVIATREN.com dari World Airline News, jumlah pesawat Airbus yang dilengkapi produk broadband Inmarsat GX Aviation adalah sebanyak 120 pesawat. Selain itu, pesawat-pesawat yang bakal datang di masa depan juga akan dilengkapi dengan broadband GX Aviation.

Instalasi GX Aviation di pesawat Airbus milik AirAsia Group akan dilakukan bersamaan dengan peluncuran layanan komersilnya, pada paruh pertama 2018.

Solusi GX Aviation menjadi solusi konektivitas internet pertama yang memberikan jangkauan global berkecepatan tinggi, dengan single operator saja. AirAsia Group akan menggunakan terminal JetWave buatan Honeywell untuk terhubung dengan jaringan GX Aviation. Terminal ini didesain untuk mudah dipasang dan dirawat, sehingga downtime tetap rendah.