AVIC AG600

AVIATREN.com – Pabrikan pesawat China, Aviation Industry Corp of China (AVIC) melucurkan pesawat amfibi AG600 yang diklaim sebagai yang terbesar di dunia. AG600 terbang perdana pada Minggu (24/12/2018) lalu, dari sebuah bandara di Laut China Selatan.

Menurut atasiun televisi pemerintah China, AG600 memiliki ukuran sebesar Boeing 737, lepas landas dari Bandara Zhuhai di selatan Provinsi Guangdong, yang terletak di pantai Laut China Selatan. Pesawat tersebut kembali satu jam kemudian, disambut oleh penampilan musik dan para pengunjung yang melambaikan bendera China.

AVIC mengembangkan AG600 untuk melakukan misi penyelamatan laut dan memadamkan kebakaran lahan. AG600 diklaim memiliki kemampuan jelajah 4.500 kilometer (2.800 mil) dan maksimum bobot lepas landas 53,5 ton.

Pesawat AG600 adalah langkah terbaru China untuk memodernisasi peralatan militernya. China juga meningkatkan riset alat-alat militer canggih sejalan dengan kebijakan yang lebih keras untuk menangani perselisihan teritorial, seperti di Laut China Selatan.

Kantor berita Xinhua mengatakan pesawat ini berpotensi digunakan di Laut China Selatan, yang masih dalam sengketa antara China, Vietnam, Malasyia, Filipina, Taiwan dan Brunei.

Hingga kini, AVIC mengklaim telah menerima 17 pesanan pesawat AG600 dari berbagai instansi pemerintah dan perusahaan China.