AirAsia Hentikan Kerja Sama dengan Traveloka

Aplikasi Traveloka

AVIATREN.com – Maskapai AirAsia secara resmi menarik diri dari platform pembelian tiket online, Traveloka. Menurut AirAsia, keputusan itu bersifat permanen dan berlaku untuk semua rute di jaringan AirAsia.

“Penghapusan rute penerbangan kami tentu saja melukai kerja sama antara AirAsia dan Traveloka,” tulis Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan.

Platform pembelian tiket online Traveloka dianggap Dendy tidak memiliki niat baik dengan menolak memberikan keterangan, mengapa rute-rute penerbangan AirAsia dihapus sebelumnya.

Dendy mengaku pihaknya telah berulang kali meminta penjelasan kepada Traveloka.

“Penghilangan beberapa penerbangan AirAsia Indonesia oleh Traveloka adalah bentuk yang jelas dari perlakuan istimewa dan tindakan favoritisme.”

“Kami mengamati melalui pesan di media sosial, banyak pelanggan yang bertanya tentang tidak tersedianya rekomendasi penerbangan AirAsia dan justru direkomendasikan dengan dengan maskapai lain sebagai gantinya.”

“Karenanya, dalam solidaritas, Grup AirAsia menarik penjualan semua penerbangannya dari Traveloka dengan segera,” demikian tulis Dendy, dikutip AVATREN dari situs resmi AirAsia.

Sebelumnya, rute-rute penerbangan AirAsia menghilang dari Traveloka pada 14-17 Februari 2019, bersamaan dengan jadwal pemeliharaan server.

Namun menurut Dendy, hilangnya sejumlah penerbangan tersebut bukan dikarenakan oleh pemeliharaan server. 

Rute penerbangan AirAsia sempat muncul kembali di Traveloka, hingga kini akhirnya AirAsia memutuskan kerja sama.