LATAM Keluar dari Oneworld, Gabung Skyteam?

Latam (Juan CarlosBascunan)

AVIATREN.com – Maskapai Brasil, LATAM akan keluar dari aliansi maskapai Oneworld, untuk bergabung dalam kemitraan baru dengan Delta Air Lines, membuka peluang maskapai Amerika Selatan itu bergabung dengan SkyTeam.

Pernyataan yang dikeluarkan kepada media oleh Oneworld menegaskan bahwa LATAM berniat untuk meninggalkan aliansi dan sesuai kontrak.

“Kami kecewa, tetapi kami menghormati keputusan mereka,” ujar perwakilan Oneworld dikutip AVIATREN dari executivetraveller, Senin (30/9/2019).

Delta Air Lines juga diketahui akan membeli 20 persen saham LATAM senilai 1,9 miliar dollar AS (Rp26 triliun) untuk membangun kerja sama antara maskapai Amerika Utara dan Selatan.

Ini juga membuka pintu untuk LATAM melompat ke SkyTeam, di mana Delta adalah anggota pendiri.

“Aliansi dengan Delta ini memperkuat perusahaan kami dan meningkatkan kekuatan kami di Amerika Latin dengan menyediakan konektivitas terbaik melalui jaringan rute kami yang saling melengkapi,” kata CEO LATAM Enrique Cueto Plaza.

Sebagai kesepakatan, Delta akan mengakuisisi empat pesawat Airbus A350 yang saat ini diterbangkan oleh LATAM dan akan mengambil alih kepemilikan sepuluh jet A350 tambahan yang akan dikirim dari 2020 hingga 2025.