Joyce Lin, pilot pesawat PK-MEC MAF yang jatuh di danau Sentani, Jayapura, Selasa (12/5/2020).

AVIATREN.com – Joyce Lin, pilot pesawat Quest Kodiak 100 Mission Aviation Fellowship (MAF) dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat di Danau Sentani Jayapura, Selasa (12/5/2020) pagi.

Jenazah Joyce Lin ditemukan di dalam pesawat di dasar danau, di kedalaman 13 meter.

Joyce Lin pada Selasa (12/5/2020) pagi itu menerbangkan pesawat dengan registrasi PK-MEC, mengangkut buku dan peralatan sekolah dari Jayapura ke Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara.

Bupati Tolikara, Usman Wanimbo dilansir Jubi dan dikutip AVIATREN, mengatakan kemungkinan besar pesawat MAF ini membawa buku-buku dan peralatan sekolah milik Yayasan Papua Harapan di Mamit. 

Joyce Lin menurut situs resmi MAF.org, adalah seorang pilot dan spesialis IT. Sebagai pilot, Joyce terbang untuk membantu mengubah kehidupan orang-orang yang terisolasi dengan menyediakan penerbangan evakuasi medis untuk menyelamatkan jiwa manusia.

Joyce melayani pengangkutan pasokan untuk pengembangan masyarakat, dan mengangkut misionaris, guru, dan pekerja bantuan kemanusiaan ke lokasi yang tidak dapat diakses.

Sebagai seorang spesialis IT, Joyce mengatur dan memelihara jaringan komputer untuk memungkinkan para misionaris dan pekerja kemanusiaan untuk menghubungi pendukung mereka dan mengakses sumber daya di Internet.

Joyce dibesarkan di Colorado dan Maryland. Sejak usia muda ia melakukan pelayanan gereja injili lokal non-denominasi. Pada usia delapan tahun Joyce menunjukan ketertarikannya pada segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer, terutama pemrograman komputer.

Ketertarikannya dalam penerbangan juga berkembang pada usia dini karena seorang tetangga pilot yang membawanya ke pertunjukan udara lokal.

Joyce mengambil jurusan ilmu komputer di Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan menerima gelar Sarjana Sains dan Magister Teknik dari MIT. Karena minatnya dalam penerbangan, ia juga memperoleh sertifikat pilot pribadi saat masih kuliah.

Dia juga telah memperoleh rating instrumen dan sertifikat pilot komersial, dan bekerja sebagai instruktur penerbangan untuk memenuhi persyaratan pilot MAF.