Jika laporan ini benar, maka ini menjadi pesanan pertama B777X Freighter, dan Qatar Airways akan menjadi launcj customer B777X versi kargo.
B777X

AVIATREN.com – Qatar Airways disebut bakal menjadi konsumen pertama (launch customer) yang menerima pesawat kargo terbaru Boeing, 777X Freighter.

Menurut berbagai laporan yang beredar, maskapai asal Doha, Qatar tersebut bakal memesan setidaknya 50 unit 777X Freighter dengan nilai transaksi mencapai 14 miliar dolar AS atau sekitar Rp 201 triliun.

Jika laporan ini benar, maka ini menjadi pesanan pertama B777X Freighter yang diterima Boeing, dan Qatar Airways akan menjadi launcj customer B777X versi kargo.

Beragam laporan tersebut lanjut mengeklaim bahwa pembicaraan terkait transaksi pemesanan pesawat kargo ini tengah dibicarakan Qatar Airways dan Boeing secara intens dan berada di tahap akhir, sehingga disebut bakal diumumkan dalam waktu dekat.

Adapun kesepakatan dan penandatanganan kontrak pemesanan pesawat ini konon bakal bertepatan dengan kunjungan Emir (Raja) Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani ke markas Boeing, Amerika Serikat (AS) dalam waktu dekat.

Belum diketahui apakah rumor terkait pemesanan Boeing 777X Freighter ini akurat atau tidak. Belum diketahui pula apa alasan Qatar Airways memilih Boeing untuk mengisi armada pesawat mereka.

Namun sebelumnya, maskapai tersebut tengah berseteru dengan produsen pesawat kompetitor Boeing, yaitu Airbus gara-gara masalah cacat di lapisan cat pesawat A350.

Dengan kata lain, wajar saja apabila Qatar Airways lebih memilih Boeing dibanding Airbus untuk menghadirkan aneka pesawat kargo generasi baru untuk meremajakan daftar armadanya.

Qatar Airways dahulu pernah menyatakan minatnya untuk memesan pesawat kargo Airbus A350, namun kemungkinan ini tampaknya semakin tidak mungkin karena ketegangan di antara keduanya.

Content Writer

View all posts