KSAU: Helikopter AW101 Pesanan TNI AU Sudah Tiba di Halim

AW101 dengan roundel TNI AU (Rototblur.co.uk)

AVIATREN.com – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan helikopter Agusta Westland AW101 pesanan TNI AU sudah tiba di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Namun kapan tepatnya AW101 itu tiba, tidak diketahui waktunya. Hadi tidak menjelaskan secara detail.

“Hari ini pun sudah ada di tempat. Itu sudah ada di Halim,” ungkap Hadi di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/2/2017), seperti dikutip AVIATREN dari Detik.com.

Meski telah tiba di Indonesia, pabrikan heli tersebut belum melakukan serah terima kepada pihak TNI AU. Hadi juga tidak menyebut ada berapa unit heli buatan Inggris itu yang tiba di Halim.

“Belum diserahkan. Masih pihak sana. Laporannya itu (tiba) 4 atau 5 hari yang lalu. Saya belum lihat fisiknya,” jelas dia.

Hadi menyatakan, TNI AU telah membentuk tim investigasi soal pengadaan heli ini. Namun ia tidak merinci apakah tim investigasi internalnya itu bersinergi dengan tim investigasi yang dibuat oleh Panglima TNI.

“Investigasi sampai sejauh mana proses perencanaan, pengadaan sampai pesawat sudah ada di Indonesia. Saat ini sedang kita laksanakan pendalaman dipimpin Irjen AU terkait masalah administrasi,” kata Hadi.

Sumber