Ilustrasi Ryanair

AVIATREN.com – Seorang penumpang pesawat maskapai Ryanair nekat membuka pintu darurat pesawat, lalu turun meloncat dari sayap. Hal itu dilakukan karena pria itu kesal harus menunggu di pesawat selama lebih dari 30 menit setelah mendarat.

Pria berkebangsaan Polandia yang namanya tidak dipublikasi itu naik penerbangan Ryanair FR8164 rute London Stansted – Malaga, Spanyol pada Rabu (3/1/2018). Penerbangan itu sudah mengalmai delay keberangkatan di bandara Stansted selama lebih dari 1 jam.

Setibanya di Bandara Malaga, Spanyol, dia dan penumpang lain mesti menunggu lagi selama 30 menit di dalam pesawat sebelum bisa turun. Karena merasa kesal, ia pun membuka pintu darurat di atas sayap, lalu berjalan keluar dan mencoba turun dari sayap.

Dua penumpang lain di pesawat itu mengatakan kepada surat kabar Daily Mail bahwa pria tersebut sengaja membuka pintu darurat dan berujar, “Saya turun melalui sayap.” Seorang penumpang bernama Raj Mistry mengatakan, pria itu mengalami asma dan kesulitan bernapas.

Rekaman video yang diabadikan sesama penumpang menunjukkan pria tersebut menurunkan kopernya terlebih dulu sebelum beranjak turun di ujung sayap. Suara tertawa sejumlah orang bisa terdengar dalam rekaman itu.nBelakangan, sang pria ditahan aparat keamanan bandara.

Juru bicara Ryanair menyebut kejadian itu sebagai pelanggaran keamanan bandara. “Kepolisian Bandara Malaga langsung menahan penumpang itu dan menyatakan perbuatan itu sebagai pelanggaran aturan keamanan dan keselamatan Spanyol, dalam hal ini ditangani aparat Spanyol,” ujarnya.

Sebelumnya, pada 2016, seorang penumpang di Madrid meloncat dari garbarata dan berlari menuju pesawat Ryanair yang tengah parkir dalam persiapan menuju Gran Canaria.