PK-MEC milik MAF (ilankrt1.blogspot.com)

AVIATREN.com – Pesawat Quest Kodiak 100 milik maskapai Mission Aviation Fellowship (MAF) jatuh di perairan danau Sentani, Papua pada Selasa (12/5/2020) pagi.

Pesawat dengan registrasi PK-MEC itu takeoff dari bandara Sentani, Jayapura pukul 06.27 WIT, dan sejatinya bakal menempuh rute ke Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara dengan membawa muatan cargo alat-alat sekolah dan buku sekolah.

Bupati Tolikara, Usman Wanimbo dilansir Jubi dan dikutip AVIATREN, mengatakan kemungkinan besar pesawat MAF ini membawa buku-buku dan peralatan sekolah milik Yayasan Papua Harapan di Mamit. 

Namun dihimpun AVIATREN dari Suarapapua.com, dua menit setelah takeoff, atau sekitar pukul 06.29 WIT, pesawat tersebut dilaporkan jatuh di Danau Sentani.

Pesawat dipiloti oleh Joyce Lin, warga Colorado, Amerika Serikat. Pilot dilaporkan meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut. Jenazah Joyce ditemukan di kedalaman 13 meter di Danau Sentani.

Baca Juga: Profil Joyce Lin, Pilot Pesawat Pengangkut Buku Sekolah yang Jatuh di Danau Sentani

Website maf.org menyebutkan Joyce Lin adalah seorang pilot dan spesialis IT. Sebagai pilot, Joyce terbang untuk membantu mengubah kehidupan orang-orang yang terisolasi dengan menyediakan penerbangan evakuasi medis untuk menyelamatkan jiwa manusia.

Joyce melayani pengangkutan pasokan untuk pengembangan masyarakat, dan mengangkut misionaris, guru, dan pekerja bantuan kemanusiaan ke lokasi yang tidak dapat diakses.

Sebagai seorang spesialis IT, Joyce mengatur dan memelihara jaringan komputer untuk memungkinkan para misionaris dan pekerja kemanusiaan untuk menghubungi pendukung mereka dan mengakses sumber daya di Internet.