AVIATREN.com – Pesawat A380 Qantas yang baru selesai diperbarui siap mengudara kembali dengan menyajikan kenyamanan yang lebih tinggi dari sebelumnya, bagi para penumpang.

Pembaruan pada 12 pesawat tersebut dengan nilai jutaan dolar mencakup penambahan jumlah kursi di kabin Bisnis, perluasan kabin Premium Ekonomi, pergantian pengaturan di Kelas Satu dan Kelas Ekonomi.

Qantas pun melakukan perombakan desain pada bagian board lounge. Pengaturan ruang yang lebih efisien memberikan dek atas untuk seluruh kelas premium, yang saat ini digunakan sebagai Kelas Bisnis dan Premium Ekonomi, dan perluasan on board lounge.

Kini ada pengurangan 30 kursi Kelas Ekonomi, dan peningkatan kapasitas kelas premium sebesar 27 persen.

Aspek yang mengalami peremajaan, di antaranya:

  1. Peluncuran Qantas Business Suite yang menggantikan Skybeds, memberikan akses gang bagi semua penumpang melalui konfigurasi 1:2:1
  2. Pemasangan kursi Premium Ekonomi terbaru dan peningkatan jumlah kursi dari 35 menjadi 60
  3. Ruang on-board lounge yang lebih luas, dengan kapasitas tempat duduk bagi hingga 10 penumpang Kelas Bisnis dan Kelas Satu
  4. Peremajaan 14 kursi First Class Suites yang mencakup bantal berkontur baru, finishing kursi yang baru, serta layar hiburan beresolusi tinggi
  5. Palet warna baru di kabin Kelas Ekonomi serta peningkatan kualitas in-flight entertainment

Pesawat pertama yang diperbarui, VH-OQK, akan beroperasi sebagai QF2 dan menempuh rute London ke Sydney melalui Singapura, serta dijadwalkan tiba di Australia pada hari Rabu, 2 Oktober 2019.

CEO Qantas Grup, Alan Joyce, mengatakan bahwa pembaruan armada A380 yang telah lama dioperasikan dapat menjamin statusnya sebagai salah satu pesawat terpopuler.

“Pesawat A380 telah menjadi bagian penting dari armada penerbangan jarak jauh kami, dan program peremajaan ini akan memastikan pelanggan kami tetap dapat menikmati semua yang ditawarkan pesawat ini kedepannya,” kata Joyce.

Dua pesawat A380 lagi akan menjalani peremajaan sebelum akhir tahun 2019. Tiap pesawat akan membutuhkan waktu peremajaan sekitar delapan minggu.

Setelah peremajaan, kapasitas setiap pesawat Qantas A380 akan menjadi: 14 First Suites (tidak berubah), 70 Business Suites (bertambah enam suites), 60 kursi Kelas Premium Ekonomi (bertambah 25 kursi), dan 341 kursi Kelas Ekonomi (berkurang sebanyak 30 kursi). Sehingga jumlah total penumpang menjadi 485 orang (bertambah satu penumpang).