AVIATREN.com – Boeing mencopot Kevin McAllister dari jabatan kepala unit pesawat komersial-nya pada Selasa (22/10/2019) lalu, menyusul krisis yang dialami B737 MAX. Hal itu diumumkan Boeing dalam laporan keuangannya yang terbaru.

Kevin McAllister adalah eksekutif paling senior yang meninggalkan Boeing di tengah krisis B737 MAX. Sebelumnya, Boeing juga melepas peranan CEO Dennis Muilenburg dari jabatan Pimpinan Direksi Boeing.

Divisi pesawat komersil Boeing sendiri telah bergulat selama satu tahun dengan krisis dua kecelakaan B737 MAX, yang menelan korban jiwa hingga 346 orang.

McAllister sendiri telah menjadi pimpinan Commercial Airplane Unit sejak 2016. Jabatan tersebut kini diserahkan kepada Stan Deal, karyawan Boeing yang telah mengabdi selama 30 tahun, dengan jabatan terakhir sebagai pemimpin layanan bisnis global.

Dikutip AVIATREN dari CNBC, Kamis (24/10/2019), Langkah ini dilakukan Boeing agar regulator dan rekanan, yakin akan usaha Boeing dalam mengembalikan lagi B737 MAX ke udara.

Unit pesawat komersil juga menjadi bisnis kunci Boeing. Unit tersebut menyumbang 60 persen dari pendapatan 101 miliar dollar AS yang didapat Boeing pada tahun lalu.

“Kami berterimakasih kepada Kevin atas dedikasi dan pengabdiannya kepada Boeing, konsumen, dan komunitas selama waktu yang sulit, dan atas komitmennya mendukung transisi ini,” ujar CEO Boeing, Muilenburg.