Boeing Uji Coba Lampu Anti-Collision LED di Samping Jendela Penumpang

lampu LED anti-collision Boeing
lampu LED anti-collision Boeing

AVIATREN.com – Produsen pesawat Boeing saat ini tengah menguji coba penerapan lampu LED yang berguna untuk membuat pesawat mudah dilihat agar tidak terjadi tabrakan, alias anti-collision LED light, yang diposisikan di dekat jendela penumpang.

Sebelumnya, lampu anti-collision yang berfungsi untuk biasanya berwarna merah ini diposisikan di bagian atas dan bawah pesawat, supaya pilot lainnya bisa melihat pesawat yang sedang terbang dan meminimalisir tabrakan.

Uji coba ini sendiri diumumkan Boeing di Twitter melalui akun dengan handle @Boeing. Menurut Boeing, desain lampu anti-collision teranyar ini bakal memberikan banyak keuntungan bagi pesawat yang melakukan penerbangan.

Beberapa di antaranya mencakup membantu mengurangi hambatan pesawat dan menghemat bahan bakar, membuat pilot lebih mudah melihat kondisi pesawat dari segala sisi (360 degree visibility), serta melindungi lampu tersebut agar tidak terkena sesuatu.

Modul lampu LED anti-collision yang diletakkan di depan kursi penumpang
Modul lampu LED anti-collision yang diletakkan di depan kursi penumpang

Dalam postingan Boeing tadi, bisa dilihat bahwa lampu anti-collision diletakkan di samping bodi utama (fuselage) pesawat, tepatnya di dekat jendela penumpang yang dekat dengan pintu keluar darurat.

Apabila mengacu pada gambar di atas, yang tersebar di internet, modul lampu LED ini tampak ditempelkan di depan kursi penumpang, sejajar dengan jendela kabin dan terlihat memakan satu jendela penuh.

Karena ditaruh di sana, belum diketahui apakah nanti lampu anti-collision ini bakal mengganggu kenyamanan penumpang yang duduk di dekatnya atau tidak. Sebab, fitur itu saat ini sedang diuji coba dan belum komersil.

Namun, ada kemungkinan efek cahaya yang dipancarkan lampu anti-collision ini akan berpotensi membuat penumpang yang berada di dekatnya kesilauan dan tidak nyaman, apalagi jika jendelanya terbuka.

Terlepas dari itu, lampu LED anti-collision sendiri sejatinya merupakan salah satu fitur yang wajib hadir di sebuah pesawat, terlebih apabila seorang pilot menerbangkan pesawat di sekitar area bandara yang cukup sibuk, seperti Guangzhou Baiyun International Airport (CAN), China.

Pasalnya, lampu tersebut bisa berguna bagi pilot yang menerbangkan pesawat lainnya, supaya pesawat tersebut bisa dilihat dengan mudah, meski jaraknya cukup jauh.