Pemerintah Indonesia juga berencana untuk mengakuisisi empat pesawat A400M tambahan di masa depan, dengan berbagai peran dan kemampuan.
Airbus A400M dengan livery TNI-AU

AVIATREN.com – Kementerian Pertahanan RI resmi, memesan dua pesawat Airbus A400M dalam konfigurasi multirole tanker dan transport.

Kontrak yang akan berlaku efektif pada 2022 itu akan menambah jumlah operator A400M menjadi sepuluh negara. Perjanjian tersebut mencakup paket dukungan pemeliharaan dan pelatihan yang lengkap. Letter of Intent juga ditandatangani untuk akuisisi empat pesawat A400M tambahan di masa depan.

“Pesanan baru ini akan semakin memperluas jejak A400M di kawasan Asia-Pasifik,” kata Michael Schoellhorn, CEO Airbus Defense and Space di situs resmi Airbus.

A400M menurut Schoellhorn menawarkan kemampuan luar biasa untuk Indonesia, menyediakan angkatan udaranya dengan platform yang sempurna untuk mengirimkan muatan besar dan berat ke daerah-daerah terpencil dan melipatgandakan proyeksi kekuatan udaranya berkat kemampuan pengisian bahan bakar di udara.

Mampu beroperasi dari landasan pacu yang kasar dan pendek, A400M akan memperkuat kemampuan pengangkutan TNI-AU untuk secara cepat menanggapi krisis apa pun, seperti tsunami atau gempa bumi.

“A400M adalah platform yang benar-benar multi-peran dan akan sangat meningkatkan kemampuan taktis udara-ke-udara Angkatan Udara Indonesia,” kata Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan Republik Indonesia

Pesawat ini menurut Prabowo akan memainkan peran kunci dalam misi utama lainnya, termasuk terjun payung dan transportasi kargo berat.

“Kami juga berencana akuisisi A400M tambahan dalam waktu dekat, dengan pengembangan A400M di masa depan seperti pemadam kebakaran, kemampuan penting yang kami jajaki bersama dengan Airbus. A400M akan menjadi aset nasional dan landasan misi Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana, di luar kemampuan taktis dan udara-ke-udara,” ujar Menhan Prabowo.

A400M dapat membawa beban berat dan berukuran besar melintasi jarak strategis, mengirimkannya ke lokasi taktis, sambil menawarkan kemampuan pengisian bahan bakar udara tambahan. Solusi ideal untuk memenuhi kebutuhan kapal tanker multiperan dan pesawat angkut angkatan udara.

Dengan kemampuan terbang cepat dan pada ketinggian yang tinggi dan sangat rendah, A400M adalah platform yang ideal untuk mengisi bahan bakar pesawat tempur dan pesawat besar lainnya melalui dua pod pengisian bahan bakar di bawah sayap.

Kemampuan pengisian bahan bakar udara-ke-udara bawaannya memungkinkan konfigurasi ulang yang cepat sebagai kapal tanker, membuatnya mudah beradaptasi dengan skenario dan misi operasional yang berubah.