Fierry Cross Reef
Fierry Cross Reef

AVIATREN.com – Bandara di atas pulau buatan yang dibangun China di Laut China Selatan mulai diuji coba. Situs berita Xinhua News memposting foto-foto pesawat pertama yang terbang landas dari bandara tersebut.

Xinhua News mempublikasi foto pesawat Airbus A319 China Southern dan B737-800 China Xinhua Airlines yang tengah lepas landas dari fasilitas bandara di atas pulau buatan itu.

Bandara yang dibangun di atas pulau buatan bernama Fiery Cross tersebut memiliki panjang landasan sekitar 3.000 meter. China mulai melakukan reklamasi untuk menjadikannya sebuah pulau pada akhir 2014.Fierry cross airport

Pembangunan bandara di Laut China Selatan ini dihubung-hubungkan dengan memanasnya konflik di wilayah tersebut. Namun dalam foto-foto yang dipublikasi tidak dilihatkan aktifitas militer China.

Pemerintah China mengklaim hampir semua wilayah Laut China Selatan berdasarkan garis batas yang dipublikasikan dalam peta buatan 1940-an, yang kemudian memicu sengketa wilayah dengan beberapa negara Asia Tenggara.

Pulau karang Fiery Cross yang juga menjadi bagian dari sengketa wilayah itu dikenal dengan nama Yongshu di China, Kagitinan di Filipina, dan Vietnam menyebutnya dengan nama Da Chu Thap.

Vietnam, Filipina, dan Malaysia juga mengklaim wilayah yang sama dengan menempatkan pasukan di kepulauan Spratly dan membangun landasan udara di kawasan tersebut sejak 1970-an.