Kecelakaan tersebut terjadi pukul 22.07 waktu Malaysia di runway Landasan Udara RMAF di Butterworth, dan menewaskan seorang penerbang.
PENANG 17/11/2021: Pieces of what believed to be the Hawk MK108 Combat Aircraft that was crashed on 10.07PM seen here at Butterworth Royal Airforce Base, Butterworth on November 17th. PICTURE BY SAYUTI ZAINUDIN

AVIATREN.com – Pesawat latih tempur milik Angkatan Udara Malaysia (RMAF), Hawk MK108 dilaporkan jatuh di wilayah Butterworth pada Selasa (16/11/2021) malam.

Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Hishammuddin Hussein mengonfirmasi kecelakaan tersebut terjadi pukul 22.07 waktu Malaysia di runway Landasan Udara RMAF di Butterworth, dan menewaskan seorang penerbang.

“Saya baru saja menerima telepon dari Air Force Chief Jenderal Tan Sri Ackbal Abdul Samad, menginformasikan kecelakaan Hawk 108 di Butterworth. Satu awak penerbang tewas, satu awak lagi luka-luka,” kata Datuk Seri Hishammuddin dilansir AVIATREN dari Malay Mail.

Soal personil yang terlibat dalam kecelakaan Hawk MK108 AU Malaysia ini, pihak RMAF belum mengumumkan identitasnya.

RMAF telah diperintahkan untuk segera menyerahkan laporan detail dan menyelidiki penyebab kecelakaan, ujar Datuk Seri Hishammuddin sembari menyampaikan belasungkawa kepada keluarga penerbang yang tewas.

“Kementerian Pertahanan telah diperintahkan untuk memberikan semua bantuan yang diperlukan kepada keluarga kedua penerbang yang terlibat.”

Sementara pihak AU Malaysia (RMAF) telah mengeluarkan pernyataan singkat pada pukul 23.23 tadi malam mengonfirmasikan kecelakaan tersebut, dan mengatakan bahwa mereka ingin menghilangkan spekulasi apa pun atas insiden tersebut.

“RMAF langsung mengambil tindakan segera dan akan mengungkapkan perkembangan terbaru sehubungan dengan insiden itu,” bunyinya.

RMAF menyarankan masyarakat untuk menahan diri dari menyebarkan berita palsu atau spekulasi tentang insiden tersebut.