Penampakan Interior B737 MAX Singapore Airlines

Singapore Airlines 737-8
Singapore Airlines 737-8

AVIATREN.com – Singapore Airlines bakal kembali membuka penerbangan ke sejumlah wilayah menggunakan sejumlah pesawat 737 MAX, dalam hal ini 737-8, dalam beberapa minggu ke depan.

Kini, maskapai dengan kode SQ tersebut memamerkan desain interior pesawat generasi terbaru dari keluarga 737 tersebut.

Secara konfigurasi, seluruh pesawat 737-8 milik Singapore Airlines memiliki total 154 kursi, terdiri dari 10 kursi kelas bisnis dan 144 kursi kelas ekonomi, yang hadir dengan sejumlah produk kabin dan furnitur baru yang dirancang khusus untuk SQ.

Salah satunya adalah kursi dengan busa nyaman yang bisa diluruskan menjadi tempat tidur (lie-flat seat) di kelas bisnis yang dirancang oleh Factorydesign dan dibuat oleh Thompson Aero Seating.

Ilustrasi susunan kursi kelas bisnis di 737-8 Singapore Airlines

Di tiap pesawat, konfigurasi kursi ini menghadap ke depan dengan susunan 2-2, 1-1, 2-2 dan diletakkan secara paralel (abreast).

Adapun pembatas antara kursi kabin kelas bisnis yang menempel satu sama lain mengandalkan sebuah area penyimpanan (stowage) yang bisa dipakai untuk menyimpan berbagai barang bawaan, sekaligus meja multifungsi yang bisa dilipat untuk menghemat ruang.

Menariknya, dua kursi yang tidak menempel satu sama lain (standalone) dengan nomor kursi 12B dan 12J bakal mendapatkan sejumlah fitur ekstra, mencakup meja dan ruang penyimpanan tambahan, serta kompartemen lainnya yang dilengkapi dengan cermin dan lampu LED.

Ilustrasi kursi kelas bisnis standalone di 737-8 Singapore Airlines

Fitur-fitur pendukung yang bakal dirasakan oleh penumpang kelas bisnis SQ 737-8 adalah konektor USB untuk mengisi daya perangkat, colokan listrik untuk mentenagai sejumlah perangkat elekronik, lampu untuk membaca dan lampu di area kursi yang bisa diatur tingkat kecerahannya, serta ruang penyimpanan kecil di bawah monitor yang bisa digunakan dalam berbagai situasi penerbangan.

Beralih ke kelas ekonomi, setiap pesawat 737-8 kabin kelas tersebut bakal dibekali dengan kursi generasi terbaru yang ergonomis dan mudah dikonfigurasikan. Kursi ini yang dirancang khusus oleh Collins Aerospace.

Pada aspek hiburan, tiap kursi di kelas ekonimi 737-8 bakal hadir dengan in-flight entertainment system Panasonic X-Series, lengkap dengan layanan Wi-Fi dan konektivitas internet menggunakan mobile data.

Ilustrasi kabin kelas ekonomi di 737-8 Singapore Airlines

Berbagai fitur ini sendiri dihadirkan Singapore Airlines dengan investasi di ranah pengembangan, desain, dan pemasangan produk kabin baru di sejumlah pesawat 737-8 mereka selama beberapa tahun belakangan yang ditaksir bernilai 230 juta dolar Singapura (sekitar Rp 2,4 triliun).

“Ini adalah hasil kerja keras kami selama tiga tahun belakangan, yang melibatkan riset mendalam terhadap konsumen, desainer, dan mitra terkait lainnya,” ujar Executive Vice President Commercial Singapore Airlines, Lee Lik Hsin dalam sebuah pernyataan.

“Investasi signifikan (untuk 737-8) ini juga merupakan wujud komitmen dari Singapore Airlines untuk menjadikan maskapai kami terdepan di industri penerbangan, sehingga penumpang dapat terus menikmati produk terbaik yang kami tawarkan di pesawat-pesawat kami,” pungkas Hsin.