Airbus H160 bakal beroperasi pada 2022. Bakal dipasangi dengan berbagai perlengkapan khusus untuk peliputan berita secara elektronik.
Helikopter Airbus H160
Helikopter Airbus H160

AVIATREN.com – Airbus resmi menyerahkan helikopter terbaru mereka, H160 pertama di dunia kepada operator asal Jepang, All Nippon Helicopter (ANH) pekan ini.

Helikopter yang diklaim mampu menjalankan berbagai misi itu diantarkan langsung dari fasilitas helikopter Airbus di Kobe, Jepang.

Penyerahan helikopter tersebut sekaligus memulai era generasi helikopter terbaru yang ditenagai dengan dua mesin.

“Sebuah kehormatan bisa mengirim H160 pertama kami ke ANH. Saya ingin berterima kasih kepada ANH atas kepercayaan mereka kepada helikopter kami,” jelas CEO Airbus Helicopters, Bruno Even dalam keterangan resmi yang diterima Aviatren, Selasa (14/12/2021).

Hal serupa disampaikan Presiden ANH, Jun Yanagawa. Menurut Jun, helikopter H160 ini bakal digunakan untuk kegiatan peliputan berita elektronik, yang menuntut redaksi harus cepat dan tanggap terhadap peristiwa yang terjadi di sekitar.

“Industri peliputan berita elektronik berubah dengan sangat cepat, dan kami senang bisa memiliki helikopter yang sangat tepat untuk operasional kami. H160 akan menjadi unit utama di armada Airbus kami,” jelas Jun dalam keterangan yang sama.

Airbus H160 rencananya bakal beroperasi pada 2022 mendatang. Sebelum terbang secara komersil, helikopter tersebut bakal dipasangi dengan berbagai perlengkapan khusus untuk peliputan berita secara elektronik.

Selain itu, akan ada pula pelatihan pilot yang bakal menerbangkan helikopter teranyar itu.

“Saya tidak sabar melihat helikopter generasi baru ini terbang melintasi langit Jepang dan menjalankan peran penting dalam peliputan berita elektronik di negara ini,” pungkas Bruno. 

Armada helikopter tambahan bagi ANH

Sekadar informasi, ANH saat ini mengoperasikan armada helikopter Airbus yang terdiri dari lima unit AS365 dan lima unit H135. Helikopter H160 ini kemudian akan bergabung ke dalam armada helikopter untuk peliputan berita stasiun TV di seluruh Jepang.

Sebelumnya, helikopter H160 sendiri telah mendapatkan sertifikat tipe (type certificate) dari Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA) pada bulan Juni 2020, diikuti dengan sertifikasi dari Biro Penerbangan Sipil Jepang (JCAB) pada bulan Mei 2020 dan Badan Penerbangan Sipil Brasil pada bulan September 2021.

Didesain sebagai helikopter multiperan yang mampu menjalankan berbagai misi seperti transportasi lepas pantai, layanan medis darurat, penerbangan privat dan bisnis, serta layanan publik, H160 mengintegrasikan inovasi teknologi Airbus yang terbaru.

Selain itu, helikopter ini juga dirancang untuk memberikan kenyamanan lebih untuk penumpang berkat baling-baling Blue Edge yang mengurangi kebisingan suara, serta jarak pandang ke luar yang lebih leluasa bagi pilot dan penumpang.

Content Writer

View all posts