Kedatangan Luar Negeri di Bandara Soetta Kini di Terminal 3 dan 2F

Suasana bandara Soetta
Pembukaan terminal baru ini dilakukan untuk memperketat pintu masuk ke Tanah Air, sekaligus mengantisipasi masuknya varian Omicron dari luar negeri.
Suasana bandara Soetta
Suasana bandara Soekarno-Hatta.

AVIATREN.com – Demi mencegah terjadinya penumpukan penumpang di jalur kedatangan Terminal 3 di Bandara Soekarno-Hatta, Satgas Covid-19 dan PT Angkasa Pura II memutuskan untuk membuka Terminal Internasional 2F.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno-Hatta, dokter Darmawali Handoko.

Menurut dia, pembukaan terminal baru ini dilakukan untuk memperketat pintu masuk ke Tanah Air, sekaligus mengantisipasi masuknya varian Omicron dari luar negeri.

“Kami dari Satgas Covid-19 dan PT Angkasa Pura II membagi dua jalur kedatangan penumpang dari luar negeri yaitu Terminal 3 dan 2F,” kata Handoko, dikutip Aviatren dari Tempo.co, Minggu (19/12/2021).

Handoko melanjukan, Terminal Internasional 2F juga hadir dengan sejumlah tempat khusus yang bisa digunakan untuk melakukan tes swab PCR.

Selain itu, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta juga menyiapkan sejumlah counter pemeriksaan di Terminal Internasional 2F Bandara Soekarno-Hatta yang mulai dioperasikan hari ini.

“Empat counter ini terdiri dari delapan booth, kami juga mempersiapkan petugas dan perangkat (penunjang”,” ujar Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Romi Yudianto.

Ke depannya, Romi mengatakan jumlah fasilitas tempat pemeriksaan Imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta bisa ditambah, jika ternyata jumlah penumpang yang masuk membeludak. 

“Ini juga (dilakukan) untuk pencegahan penularan dan penyebaran virus Covid-19,” pungkas Romi.

***

Advertisement