Ilustrasi sun deck di pesawat Explorer
Ilustrasi sun deck di pesawat Explorer

AVIATREN.com – Ajang Dubai Airshow 2021 digunakan Lufthansa Technik, divisi grup maskapai Lufthansa yang fokus di bisnis perbaikan dan perawatan pesawat (MRO), untuk memamerkan desain pesawat konsep mewah terbarunya.

Dinamai dengan Explorer, pesawat konsep yang mengandalkan Airbus A330 ini dibekali dengan interior kabin premium yang memungkinkan penumpang merasakan pengalaman, begitu juga pelayanan mumpuni ala hotel bintang lima.

Salah satu fitur kabin yang paling mencolok di Explorer adalah kehadiran dek pesawat yang bisa dibuka untuk melihat pemandangan di luar pesawat, alias sun deck.

Ilustrasi sun deck di pesawat Explorer.

Dek ini berada di bagian depan pesawat, yang dibekali dengan pintu kargo utama pesawat, menjadi sebuah balkon ala kamar di hotel bintang lima.

Selain bisa melihat pemandangan dan menghirup udara segar, penumpang di sun deck juga bisa bersantai dan menyantap makanan di sana dengan beragm furnitur premium yang tersedia di dalamnya.

Langit kabin virtual, lantai dansa, dan lain-lain

Di samping sun deck, langit-langit kabin di pesawat Explorer juga dibuat sedemikian rupa supaya bisa menampilkan berbagai macam pemandangan sesuai dengan keinginan penumpang, atau suasana langit di luar secara virtual.

Menurut Lufthansa Technik, desain langit kabin virtual ini terinspirasi dari hotel-hotel yang berada di kapal pesiar besar, di mana penumpang bisa melihat pemandangan langit dan sekitar ketika mereka berada di luar.

Suasana lantai dansa di dalam pesawat Explorer.

“Kami menciptakan interior yang unik untuk memanfaatkan potensi penuh dari sistem proyeksi gambar untuk jet pribadi,” kata Michael Bork selaku desain interior pesawat tersebut.

“Tampilan keseluruhan kabin VIP ini dapat diubah dengan mudah hanya dengan sentuhan jari,” imbuh Michael.

Selain itu, pesawat Explorer juga hadir dengan berbagai area lainnya seperti area bersantai (lounge), lantai dansa, bar, gym, tiga kamar tidur luas, ruang medis, serta garasi mobil.

“Segala barang bisa dibawa penumpang ke dalam pesawat ini, baik itu mobil, suatu ruangan, tempat penyimpanan wine, laboratorium, hingga klinik darurat,” kata Michael.

Gambaran isi kabin pesawat Explorer yang bisa diterapkan ke pesawat berbadan lebar lain.

Pihak Lufthansa lanjut menjelaskan, pesawat Explorer ini bisa muat delapan hingga dua belas penumpang, namun hal itu tergantung dengan konfigurasi kabin dan bisa diatur sesuai dengan keinginan maskapai.

Meski dipamerkan menggunakan A330, Lufthansa mengatakan desain kabin pesawat Explorer bisa diterapkan ke pesawat berbadan lebar (widebody) lainnya seperti A350 hingga Boeing 787.

Content Writer

View all posts