Sama Sama Seaplanes akan menjadi operator penerbangan virtual dengan menggunakan izin AOC dari Premiair, dengan armada Cessna Caravan.
Sama Sama Seaplanes

AVIATREN.com – Maskapai baru Indonesia khusus seaplane, Sama Sama Seaplanes menargetkan bisa beroperai pada kuartal pertama 2023, dengan layanan penerbangan charter.

Hal itu diungkapkan oleh pendiri Sama Sama Seaplanes, Andre Hugo dikutip AVIATREN dari Smart Aviation-Asia Pacific, Selasa (25/1/2022).

“Kami berencana menjadi operator pesawat amfibi pertama di Sumatera Barat, dengan penerbangan ke Pulau Mentawai,” kata Andre.

Selain itu, Sama Sama Seaplanes juga akan memperluas pasa ke tujuan lain, seperti Lombok, Komodo dan Kepulauan Raja Ampat.

“Saat ini kami sedang dalam proses pendaftaran water base kami dengan otoritas penerbangan sipil Indonesia (Direktorat Jenderal Perhubungan Udara – DJPU) dan sedang menunggu instruksinya,” kata Andre.

Sama Sama Seaplanes akan melayani penerbangan charter di Indonesia menggunakan armada Cessna (single turboprop) C208EX Grand Caravan amfibi.

Sama Sama Seaplanes akan menjadi operator penerbangan virtual dengan menggunakan izin AOC dari Premiair.

Sementara dikutip dari ch-aviation, Andre mengatakan bahwa Premiair juga akan mendukung Sama Sama Seaplanes dengan perawatan, penanganan, dan pengoperasian waterdrome.

Start-up berencana untuk memesan amfibi C208EX pertamanya langsung dari Textron Aviation pada Juni 2022 dengan opsi tiga unit tipe lainnya. Maskapai juga secara bersamaan menjajaki kemungkinan mengubah C208B Premiair menjadi amfibi.

Premiair saat ini memegang AOC Part 135 charter dan mengoperasikan armada pesawat Embraer Executive Jets (E145, Lineage 1000, dan Legacy 650) selain C208B.