Travira menghadirkan pesawat amfibi lantaran adanya peningkatan permintaan terkait kebutuhan pesawat untuk sektor pertambangan di Indonesia.
Viking Air Otter 400 Series Amphibian

AVIATREN.com – Perusahaan charter pesawat asal Indonesia, Travira Air resmi menghadirkan pesawat Viking Air Twin Otter 400 Amphibian ke dalam daftar armadanya.

Business Development & Commercial Executive Travira Air, Muhammad Ihsan Salim mengatakan
pesawat amfibi tersebut dipinang Travira untuk melancarkan charter untuk perusahaan tambang di sejumlah wilayah penambangan di Tanah Air.

“Kami mengoperasikan pesawat tersebut berdasarkan kontrak terpisah untuk kepentingan di sektor pertambangan, memungkinkan kami menyediakan layanan sewa pesawat jangka panjang dengan destinasi seperti Bali dan Sumbawa,” ujar Salim, dikutip Aviatren dari SmartAviation-APAC, Rabu (26/1/2022).

Salim melanjutkan, pihaknya berani menghadirkan pesawat amfibi tersebut lantaran adanya peningkatan permintaan terkait kebutuhan pesawat untuk sektor pertambangan di Indonesia.

Untuk wilayah Sumbawa yang disebut Salim tadi, misalnya, ada sebuah situs tambang emas yang bernama Batu Hijau yang masih beroperasi.

Salim tidak menyebutkan apakah pihaknya menghadirkan pesawat amfibi tersebut dengan membelinya secara langsung atau menyewa ke perusahaan lessor.

Yang jelas, ia mengumbar bahwa Travia Air kini memiliki beberapa armada pesawat yang masih aktif, terdiri dari, satu unit ATR 42-600, dua unit ATR 72-600, satu unit Beechcraft 1900D, dua unit Cessna Caravan Amphibians, satu unit helikopter, serta. satu unit Twin Otter Series 400 yang baru dihadirkan tadi.

Adapun pesawat anyar yang dipinang Travia Air tersebut, berdasarkan data TwinOtterWorld.com, merupakan pesawat terbaru tipe Twin Otter yang mulai beroperasi secara komersil pada akhir 2021.

Pesawat tersebut memiliki nomor serial produksi 988 dan teregistrasi di regulator lokal dengan kode PK-TVP.

Content Writer

View all posts