Berbeda dengan pesawat lainnya, desain interior kabin A350 Etihad dibuat sedemikian rupa agar bisa menampilkan kesan mewah dan nyaman.
Etihad Airbus A350

AVIATREN.com – Setelah diam selama kurang lebih dua tahun, pesawat Airbus A350-1000 Etihad Airways akhirnya melakukan penerbangan perdana komersilnya pada Kamis (31/3/2022).

Dengan nomor penerbangan EY37, pesawat yang dibalut dengan desain livery ulang tahun ke-50 Etihad tersebut lepas landas di Abu Dhabi pada Kamis (31/3/2022) sekitar pukul 08.00 waktu setempat dan mendarat di Paris pada pukul 13.00 waktu setempat, dengan waktu tempuh sekitar 6 jam 50 menit.

CEO Etihad, Tony Douglas mengatakan pihaknya bangga meluncurkan layanan penerbangan menggunakan pesawat A350 untuk pertama kalinya.

“Airbus A350 adalah pesawat yang bagus dan kami bangga memperkenalkannya ke jaringan Etihad Airways mulai hari ini,” kata Tony, dikutip Aviatren dari TheNationalNews, Jumat (1/4/2022).

Punya interior kabin mewah

Etihad's new A350-1000 has a dynamic LED lighting system with more than 16 million colours. Photo: Etihad Airways
Ilustrasi kabin kelas bisnis di Etihad A350

Berbeda dengan pesawat A350-1000 lainnya, desain interior kabin A350-1000 milik Etihad dibuat sedemikian rupa agar bisa menampilkan kesan mewah dan membuat penumpang nyaman.

Untuk menampilkan kesan mewah, interior kabin dan seluruh elemennya, seperti kursi, dinding di sekitar kursi kelas bisnis, dan lain sebagainya dilapisi dengan perpaduan warna emas dan coklat. Selain itu, pencahayaan kabin juga memiliki lampu LED yang bisa diubah sesuai dengan keinginan awak kabin.

Etihad menawarkan dua kelas penerbangan di pesawat A350 perdana ini, yaitu kelas bisnis dan kelas ekonomi yang sepenuhnya baru dan berbeda dengan maskapai lainnya.

Kabin kelas bisnis memiliki konfigurasi 1-2-1 dengan total 44 kursi, sedangkan kabin kelas ekonomi memiliki konfigurasi 3-3-3 dengan total 327 kursi.

Etihad Economy Space offers neighbour-free seating and four inches of extra legroom. Photo: Etihad Airways
Ilustrasi kabin kelas ekonomi Etihad A350

Kabin kelas bisnis sendiri dibuat semewah mungkin dengan kursi fleksibel yang memiliki ruang yang cukup luas, dan dilengkapi dengan banyak ruang penyimpanan, meja lipat, layar LCD, serta dinding-dinding untuk melindungi privasi penumpang.

Kabin kelas bisnis juga dirancang senyaman mungkin dan tiap kursi dibekali dengan bantalan di sisi kanannya untuk kenyamanan tidur penumpang, layar LCD yang cukup lebar, serta meja yang bisa dilipat untuk menghemat ruang.

Bakal layani rute internasional ke India dan AS

Ilustrasi Etihad A350

Untuk rute penerbangan rutinnya sendiri, Etihad A350 tidak akan terbang ke Paris seperti destinasi penerbangan perdananya, melainkan ke India dan Amerika Serikat (AS).

Penerbangan ke India, seperti ke kota Mumbai dan New Delhi akan mulai dilayani sekitar bulan April ini. Sementara penerbangan ke AS, terutama ke kota Chicago dan New York, akan dibuka sekitar bulan Juli mendatang.

Ke depannya, Etihad berencana untuk menambah rute internasional lainnya, boleh jadi ke Australia dan sejumlah negara di Eropa, seiring dengan bertambahnya jumlah A350 yang mereka operasikan.

Saat ini, Etihad sendiri sudah membeli lima unit A350 dari Airbus, namun baru satu saja yang dioperasikan dan empat lainnya konon bakal diterima dan dioperasikan dalam beberapa bulan ke depan.

Content Writer

View all posts