Kabin kargo yang biasa dipakai untuk memuat barang, diubah menjadi kabin penumpang yang menawarkan kemewahan.
Ilustrasi kabin EarthBay dengan kursi sofa.

AVIATREN.com – Saat ini, banyak maskapai yang menawarkan kemewahan penerbangan kelas bisnis dengan tempat duduk yang luas dan privasi yang terjaga, berikut fitur ekstra lainnya untuk meningkatkan kenyamanan.

Namun, kemewahan tersebut berbeda dengan apa yang dipikirkan oleh seorang teknisi aeronautika asal Perancis, Florian Barjot.

Dalam sebuah konsep kabin pribadi yang dijuluki “EartBay”, Barjot ingin memberikan pengalaman penerbangan yang sepenuhnya unik dan berbeda dari yang lainnya.

Disebut demikian lantaran ia menyulap kabin kargo, yang biasa dipakai untuk memuat barang, menjadi kabin penumpang yang menawarkan kemewahan tersendiri.

Ilustrasi kabin EarthBay dengan tempat tidur.

Salah satu yang ditawarkan adalah jendela transparan yang memungkinkan pengguna melihat pemandangan berbagai wilayah dan obyek alam macam perbukitan, laut, dan lain sebagainya ketika melakukan penerbangan.

Jendela tersebut juga dirancang setransparan mungkin dengan tinggi dari bawah hingga atas kabin. Dengan begitu, penumpang serasa akan “terbang” di langit ketika berada di dalam kabin tersebut.

Kabin premium ini sendiri bisa diisi dengan tempat tidur, selain kursi sofa, yang dikhususkan untuk dua orang penumpang, serta bisa dibekali dengan toilet atau kamar mandi.

Ilustrasi kabin EarthBay dengan ruangan khusus rapat.

Di samping itu, kabin yang berada di level paling bawah pesawat ini juga bisa dikonfigurasikan untuk memuat sekitar 12 kursi kelas bisnis atau 18 kursi kelas ekonomi premium yang sudah dilengkapi dengan dapur, toilet, dan tempat istirahat untuk awak kabin.

Selain untuk penumpang, kabin EarthBay juga bisa dialih fungsikan menjadi ruangan rapat dan ruangan makan bersama.

Tertarik? Penumpang tampaknya tak perlu menunggu lama untuk menjajal pengalaman mewah yang ditawarkan oleh kabin premium ini.

Ilustrasi kabin EarthBay dengan konfigurasi kabin untuk penumpang premium ekonomi.

Pasalnya, konsep kabin EarthBay disebut bakal menjadi kenyataan pada 2024 mendatang, sebagaimana dirangkum Aviatren dari ExecutiveTraveller, Rabu (6/4/2022).

Namun sebelum diterapkan secara komersil, kabin EarthBay tentunya harus menjalani serangkaian sertifikasi untuk memastikan bahwa kabin tersebut aman.

Selain itu, perlu dipikirkan pula apa fungsi kabin penumpang yang berada di atas kabin premium ini, apakah untuk penumpang seperti biasanya atau disulap menjadi kabin spesial lainnya ketika penerbangan berlangsung.

Content Writer

View all posts