Bocoran Rute Domestik Pelita Air, 7 Rute Gemuk

Airbus A320 Pelita Air.

AVIATREN.com – Maskapai berjadwal baru, Pelita Air Service (PAS) memberi bocoran rute-rute penerbangan domestik yang bakal dioperasikan, setelah melengkapi proses sertifikasi pada tahun ini.

Menurut Direktur Keuangan dan Umum Pelita Air, Muhammad S Fauzani, setidaknya ada tujuh rute penerbangan yang diincar oleh Pelita Air, ketujuhnya merupakan rute gemuk, alias favorit penumpang.

“Jadi ada 7 destinasi yang gemuk yaitu Yogyakarta, Surabaya, Denpasar Medan, Banjarmasin, Makassar. Insya Allah,” kata Fauzani dikutip AVIATREN dari Tempo.co, Kamis (12/4/2022).

Fauzani menjelaskan ketujuh rute tersebut nantinya juga bakal dievaluasi untuk melihat kecocokannya dan yang dinilai bisa digunakan untuk membantu pemerintah. Kemungkinana, rute-rute tersebut adalah slot penerbangan yang sebelumnya dimiliki Garuda Indonesia.

Rute-rute tersebut di atas nantinya akan dilayani menggunakan armada pesawat Airbus A320. Fauzani mengatakan, saat ini Pelita Air masih dalam proses sertifikasi pesawat Airbus 320 yang terus berjalan dalam rangka membuka penerbangan berjadwal.

Untuk target operasi, Fauzani menargetkan Pelita Air bisa terbang sebelum Hari Raya Idul Fitri, atau akhir April 2022 ini.

Dikatakan Fauzani, saat ini perseroan sedang menjalani proses sertifikasi fase 4. Selanjutnya, masih ada proses sertifikasi fase 5 yang dibutuhkan untuk segera memfinalkan operasi maskapai.

“Tapi kritikalnya ini ada di fase 4. Kalau seandainya kita bisa selesaikan. Jadi insya Allah kita terbang bisa sebelum lebaran,” ujar Fauzani.