Cessna 408 SkyCourier merupakan pesawat kargo baru buatan Textron Aviation, di mana FeDex memesan 50 unit pesawat tipe tersebut.
Cessna 408 SkyCourier
Cessna 408 SkyCourier

AVIATREN.com – Perusahaan ekspedisi raksasa FedEx resmi menerima pesawat kargo (freighter) Cessna 408 SkyCourier perdananya pekan ini.

Pesawat yang mendapatkan sertifikasi pada Maret 2022 tersebut merupakan pesawat kargo baru buatan Textron Aviation, di mana FeDex sendiri menjadi konsumen peluncuran Cessna 408 SkyCourier dan memesan 50 unit pesawat tipe tersebut.

Cessna 408 SkyCourier diluncurkan pada 28 November 2017, dan melakukan penerbangan perdana pada 17 Mei 2020, kemudian mendapatkan sertifikasi tipe pada 11 Maret 2022.

CEO dan Executive Vice President of Aviation FedEx Express, Scot Struminger mengatakan bahwa pesawat ini merupakan bukti kerja sama FeDex dengan Textron Aviation yang masih terjaga selama lebih dari empat dekade terakhir, dan bakal digunakan untuk meningkatkan pelayanan pengiriman di beberapa pasar operasional FeDex.

“Pesawat ini akan membantu kami melayani pasar kecil dan menengah dengan lebih baik. Sebab, di pasar-pasar tersebut, kami tidak dapat mengoperasikan pesawat kami yang berukuran besar. Dengan SkyCourier, kami tentunya bisa lebih efisien dan bisa mengirimkan barang lebih cepat kepada pelanggan kami,” ujar Scot, dikutip Aviatren dari SimpleFlying, Jumat (13/5/2022).

Hal serupa disampaikan President dan CEO Textron Aviation, Ron Draper. Menurut dia, pesawat SkyCourier bisa memberikan keuntungan bagi seluruh segmen industri penerbangan, baik itu kargo, penumpang, hingga beragam misi spesifik ke berbagai penjuru daerah.

“Kami bangga dapat mengirimkan Cessna 408 SkyCourier pertama kepada FedEx, di mana pesawat tersebut tentunya akan membantu FedEx melayani pelanggannya secara lebih efisien. Sebab, pesawat kargo ini dirancang dengan opsi untuk membawa kontainer kargo yang sudah dikemas dengan standar industri,” tambah Ron di kesempatan yang sama.

Sekadar informasi, Cessna 408 SkyCourier adalah pesawat bermesin turboprop ganda yang ditenagai dengan mesin Pratt & Whitney PT6A-65SC dan baling-baling bertipe McCauley Propeller C779.

Dengan kombinasi mesin dan baling-baling tersebut, pesawat ini diklaim mampu terbang dengan kecepatan maksimal 200 Knots True Airspeed (KTAS) dengan jarak tempuh hingga 900 mil laut, sembari mengangkut kargo dengan berat maksimal 6.000 pon atau sekitar 2.700 kg.

Selain versi freighter, Cessna 480 SkyCourier juga memiliki versi penumpang dan versi untuk menjalani aneka misi khusus. Untuk varian penumpang, pesawat tersebut memiliki kapasitas maksimal hingga 19 orang.

Content Writer

View all posts