Riyadh Air Beli 72 Pesawat B787-9

Penandatanganan pesanan 72 pesawat B787 antara Riyadh Air dan Boeing.

AVIATREN.com – Riyadh Air mengumumkan bahwa maskapai baru Arab Saudi itu mengumumkan pemesanan 72 pesawat B787 Dreamliner untuk mendukung peluncuran globalnya.

Riyadh Air, maskapai nasional baru Arab Saudi yang dimiliki oleh Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi itu mengatakan akan membeli 39 pesawat B787-9, dengan opsi tambahan 33 pesawat 787-9, demikian dikutip dari halaman resmi Boeing, Kamis (15/3/2023).

Secara total, Arab Saudi juga akan membeli hingga 121 pesawat 787 Dreamliners (termasuk 72 milik Riyadh Air), yang akan menjadi pesanan komersial terbesar kelima berdasarkan nilai dalam sejarah Boeing.

“Maskapai baru ini mencerminkan visi ambisius Arab Saudi untuk menjadi inti dalam membentuk masa depan perjalanan udara global dan menjadi pengganggu sejati dalam hal pengalaman pelanggan,” kata Tony Douglas, CEO Riyadh Air.

“Komitmen Riyadh Air kepada pelanggannya akan melihat integrasi inovasi digital dan keramahtamahan asli Saudi untuk memberikan pengalaman perjalanan yang mulus. Dengan memposisikan maskapai sebagai penghubung global dan kendaraan untuk mendorong perjalanan wisata dan bisnis ke Arab Saudi, 787 baru kami -9 pesawat akan berfungsi sebagai landasan untuk operasi kami di seluruh dunia, karena kami membangun jaringan yang lebih luas dan menghubungkan tamu kami ke Arab Saudi dan banyak tujuan di seluruh dunia,” kata Douglas.

“Ini adalah pesanan signifikan yang akan mendukung komitmen Riyadh Air untuk memberikan pengalaman perjalanan kelas dunia, sambil mendukung pekerjaan manufaktur kedirgantaraan Amerika di Boeing dan di seluruh rantai pasokan kami,” kata Stan Deal, presiden dan CEO Boeing Commercial Airplanes.

“Kami sangat bangga dengan kemitraan kami selama hampir delapan dekade untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan di sektor penerbangan Arab Saudi. Perjanjian kami dibangun di atas kemitraan yang telah berlangsung lama itu dan akan semakin memperluas akses ke perjalanan udara komersial yang aman dan berkelanjutan selama beberapa dekade lagi.”

B787-9

787-9 memberikan jangkauan terjauh dari keluarga pesawat 787, menerbangkan sekitar 300 penumpang sejauh 7.565 mil laut (14.010 km), dengan kapasitas kargo tambahan.

Penumpang menikmati pengalaman yang lebih baik dengan jendela terbesar dari semua jet, udara yang lebih lembap dan bertekanan pada ketinggian kabin yang lebih rendah untuk kenyamanan yang lebih baik, tempat sampah besar dengan ruang untuk tas semua orang; Pencahayaan LED yang menenangkan, dan teknologi yang mendeteksi dan melawan turbulensi untuk pengendaraan yang lebih mulus.

Keluarga 787 memberikan efisiensi bahan bakar yang tak tertandingi kepada operator penerbangan di seluruh dunia dengan mengurangi penggunaan bahan bakar dan emisi sebesar 25% dibandingkan dengan pesawat yang mereka gantikan.