Pesawat Klasjet
Pesawat Klasjet

AVIATREN.com – Pesawat charter Boeing 737-522 dengan nomor penerbangan KLJ2703 rute Reykjavik (Islandia) – Frankfurt (Jerman) terpaksa mendarat darurat di Edinburgh (Skotlandia), Kamis (9/9/2021) dini hari waktu setempat.

Bukan pesawat sewaan biasa, pesawat milik perusahaan charter asal Eropa, Klasjet tersebut ternyata mengangkut tim nasional (timnas) sepak bola Jerman.

Mereka sendiri memang sempat bertandang ke Islandia untuk mengikuti kualifikasi Piala Dunia melawan Islandia pada Rabu (8/9/2021) waktu setempat dan berhasil menang dengan skor 4-0.

Kembali lagi ke insiden tadi, berdasarkan data Flightradar24, pesawat milik Klasjet ini lepas landas dari Reykjavik sekitar pukul 01.00 waktu setempat.

Di ketinggian 29.000 kaki, pesawat dilaporkan mengalami masalah dan malah terbang di atas wilayah Arbroath yang bereda di pesisir timur Skotlandia.

Setelah itu, pesawat dilaporkan langsung berbelok tajam dan menurunkan ketinggian dengan cepat, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Flightradar24 menunjukkan pesawat KLJ2703 membelok dan menukik tajam
Flightradar24 menunjukkan pesawat KLJ2703 membelok dan menukik tajam

Beberapa saat kemudian, awak pesawat langsung mengirimkan sinyal darurat squawk 7700 untuk permintaan mendarat darurat di bandara terdekat, yaitu Edinburgh dan akhirnya diizinkan mendarat sekitar pukul 04.00 waktu setempat.

Tidak disebutkan apa penyebab pesawat Boeing 737-522 itu mengalami insiden tersebut. Belum bisa dipastikan pula apakah ada kerusakan yang melanda pesawat tersebut atau tidak, sampai-sampai harus mendarat di tempat yang bukan menjadi tujuannya.

Yang jelas, seluruh penumpang dalam pesawat tersebut, yang mencakup anggota timnas sepak bola Jerman itu, dikonfirmasi selamat. Hal itu disampaikan oleh Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) di Twitter.

“Keselamatan adalah hal yang utama. Penerbangan pulang kami telah dialihkan ke Edinburgh untuk kepentingan inspeksi keselamatan pesawat dan penegahan insiden,” kata DFB.

“Dari sana, perjalanan untuk kembali pulang telah kembali direncanakan,” imbuh mereka.

Setelah menunggu selama kurang lebih tujuh jam, timnas sepak bola Jerman tersebut lantas dijemput oleh pesawat baru yang langsung mengangkut mereka pulang ke kota Frankfurt.

Content Writer

View all posts