Sikorsky juga mengumbar bahwa pelanggan pertama yang bakal memiliki helikopter militer tersebut adalah perusahaan gas dan listrik AS.
S-70M Black Hawk buatan Sikorsky Lockheed Martin

AVIATREN.com – Otoritas penerbangan sipil AS (FAA) resmi menyelesaikan proses sertifikasi helikopter militer S-70M Black Hawk buatan perusahaan pembuat pesawat yang berada di bawah naungan raksasa Lockheed Martin, Sikorksy.

Helikopter S-70M Black Hawk buatan Sikorsky ini merupakan versi yang ditujukan khusus untuk pasar penerbangan komersil dan sipil.

Dengan kata lain, sertifikasi FAA tadi memungkinkan helikopter tersebut bisa dibeli oleh pemerintah sipil atau operator komersil di wilayah Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya, tidak harus operator yang fokus di kategori atau pasar militer.

“Dengan sertifikasi FAA ini, helikopter S-70M Black Hawk dengan konfigurasi terbaru kini tersedia untuk pasar komersial/sipil AS untuk pertama kalinya,” jelas Wakil Presiden Sikorsky Global Commercial & Military Systems, Jason Lambert dalam sebuah pernyataan.

Selain mengumumkan proses sertifikasi FAA yang sudah rampung, Sikorsky juga mengumbar bahwa pelanggan pertama yang bakal memiliki helikopter militer tersebut adalah perusahaan gas dan listrik asal Amerika Serikat, San Diego Gas & Electric (SDG&E).

“Kami juga mengucapkan selamat dan menyambut pelanggan S-70M pertama kami, San Diego Gas & Electric, yang membutuhkan desain tangguh dan kapasitas angkut helikopter Black Hawk untuk melakukan misi pemadaman kebakaran melalui udara yang saat ini sangat dibutuhkan,” imbuh Lambert.

Nantinya, SDG&E bakal merombak helikopter tersebut dengan konfigurasi Firehawk demi melancarkan misi mereka untuk meredam kebakaran hutan pada 2023 mendatang.

Adapun konfigurasi tersebut bakal diterapkan oleh United Rotorcraft, memungkinkan S-70M Black Hawk bisa membawa sekitar 3.785 liter air untuk membantu memadamkan kebakaran di wilayah operasi SDG&E.

Content Writer

View all posts