Fly Mojo akan beroperasi dengan armada Bombardier CS100 (Bombardier).
Fly Mojo akan beroperasi dengan armada Bombardier CS100 (Bombardier).

AVIATREN.com – Maskapai baru pemerintah Malaysia, Fly Mojo resmi didirikan. Maskapai tersebut akan mengoperasikan pesawat buatan Kanada, Bombardier CSeries, lebih tepatnya CS100 yang diproduksi oleh Bombardier Commercial Aircraft, Kanada.

Dikutip Aviatren dari situs resmi Bombardier, Selasa (17/3/2015), Fly Mojo telah menandatangani kesepakatan pemesanan 40 unit Bombardier CSeries yang terdiri atas 20 unit pesanan CS100, serta opsi penambahan 20 unit lagi di masa mendatang. Bombardier CS100 adalah pesawat single aisle dengan kapasitas 149 penumpang.

Nilai atau valuasi kesepakatan yang ditandatangani di ajang pameran kedirgantaraan dan maritim Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2015 itu mencapai total 2,94 miliar dollar AS.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Managing Director Fly Mojo, Datuk Janardhanan Gopala Krishnan dan Vice President Bombardier Asia-Pacific (sales), Frank Baistrocchi, serta disaksikan oleh Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak.

“Kami yakin model pesawat ini (CS100) sesuai dengan kebutuhan penumpang dan teknologi yang terdapat di dalam pesawat CSeries bisa mengubah industri aviasi di Malaysia dan wilayah sekitarnya, demikian ujar Chairman Fly Mojo, Alies Anor Abdul.

“CSeries family akan memungkinkan airline baru seperti Fly Mojo untuk melayani pasar secara efisien karena pesawat ini ekonomis, operasionalnya fleksibel dan nyaman layaknya pesawat widebody,” imbuh Mike Arcamone, President, Bombardier Commercial Aircraft.

Bombardier sendiri hingga saat ini telah mendapatkan pesanan sebanyak 603 unit pesawat CSeries (CS100 dan CS200) dari berbagai maskapai di seluruh dunia. CSeries telah diperkenalkan Bombardier sejak September 2013 lalu.