Mi-17 milik militer Pakistan (The Newsletter)
Mi-17 milik militer Pakistan (The Newsletter)

AVIATREN.com – Helikopter yang mengangkut istri duta besar Indonesia untuk Pakistan, dikabarkan mengalami kecelakaan di wilayah pegunungan Gilgit-Baltistan, Pakistan pada Jumat, (8/5/2015).

Gilgit-Baltistan adalah wilayah di ujung utara Pakistan dan menjadi perbatasan antara tiga puncak gunung, Himalaya, Karakorum, dan Hindu Kush dengan ketinggain sekitar 7.000 meter.

Dikutip Aviatren dari Aljazeera, helikopter jenis Mi-17 milik militer Pakistan tersebut mengangkut 17 orang, 11 orang di antaranya adalah warga asing. Enam orang dilaporkan meninggal dalam kecelakaan tersebut yang terdiri atas dua duta besar, dua istri duta besar, serta pilot dan kopilot helikopter.

Istri duta besar Indonesia termasuk salah satu korban tewas beserta duta besar Norwegia, Leir Larsen, duta besar Filipina, Domingo Lucenario Jr, serta istri duta besar Malaysia.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Juru bicara militer Pakistan, Mayor Jenderal Asim Bajwa melalui akun Twitter pribadinya.

Asim mengatakan 11 orang yang selamat mengalami luka-luka ringan hingga berat. Korban dibawa ke Rumah Sakit Combined Military Hospital di Jutial, 30 km dari lokasi kejadian.

Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif dijadwalkan mengunjungi Gilgit-Baltistan pada Jumat ini, dimana duta-duta besar negara asing untuk pakistan juga dijadwalkan hadir.

Perdana Menteri Nawaz Sharif sedang dalam perjalanan menuju Gilgit saat kecelakaan terjadi. Ia menyampaikan rasa duka dan belasungkawanya melalui Radio Pakistan.