Kebakaran di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (5/7/2015).
Kebakaran di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (5/7/2015).

AVIATREN.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia membatalkan 49 dari total 170 penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Minggu (5/7/2015) akibat kebakaran yang terjadi di Terminal 2E.

Pembatalan dilakukan karena tidak memungkinkan untuk memberangkatkan semua penerbangan yang sempat delayed akibat kebakaran di JW Sky Lounge Terminal 2E, Minggu pagi.

Dikutip Aviatren dari Kompas.com, pelaksana harian VP Corporate Communication Garuda Indonesia Ikhsan Rosan menyebutkan, ada sekitar 3.900 penumpang yang terdampak dari 49 penerbangan kemarin.

Dari semua penumpang tersebut, 600 penumpang telah diinapkan di belasan hotel yang telah bekerja sama dengan Garuda Indonesia.

“Penerbangan yang cancelled kemarin untuk tujuan ke Semarang, Surabaya, Denpasar, Batam, dan Pontianak,” kata Ikhsan di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, Senin (6/7/2015).

Ikhsan menambahkan, penerbangan Garuda dari Soekarno-Hatta hari ini sudah kembali normal.

Sebanyak 49 penerbangan yang dibatalkan kemarin akan dimasukkan ke dalam extra flight hari ini. Ke-49 penerbangan tambahan itu akan dilaksanakan hari ini, dari sore hingga malam hari.

Sementara itu, penumpang yang tidak menginap di hotel atau yang memilih untuk refund dan reschedule ada 3.300 penumpang. Garuda mencatat, total biaya tiket yang dikembalikan sebesar Rp 300 juta. Belum ada data rinci berapa penumpang yang melakukan refund dan yang memilih untuk reschedule.

Meski demikian, pada Senin dini hari, masih ada penumpang yang mengaku dibiarkan telantar di ruang check-in. Beberapa di antara mereka sempat boarding, tetapi diarahkan kembali ke gate check-in. Sementara pewarta tidak diizinkan untuk masuk ke ruang check in.