Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta.
Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta.

AVIATREN.com – Terminal 3 Ultimate bandara Soekarno-Hatta akan dijadikan sebagai terminal untuk maskapai-maskapai full service.

Sementara maskapai LCC seperti Indonesia AirAsia dan Lion Air akan dipindahkan operasinya ke Terminal 1.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha AP II, Faik Fahmi seperti dikutip AVIATREN dari CNN Indonesia, Selasa (15/3/2016).

“Terminal 3 ini akan kita jadikan khusus maskapai full service, dan diprioritaskan untuk penerbangan domestik dan internasional Garuda dan SkyTeam bersama maskapai asing lain. Kemudian maskapai low cost carrier (LCC) yang sekarang beroperasi disana akan dipindah ke Terminal 1,” ujar Faik.

Menurut Faik, alasan menjadikan terminal 3 sebagai terminal khusus maskapai full service adalah untuk meningkatkan porsi pendapatan non aeronautika AP II. Daya beli penumpang maskapai full service disebutnya lebih tinggi dibandingkan penumpang LCC.

“Bandara itu butuh transit passenger yang gemar berbelanja, ini bagus untuk bisnis non aero. Contoh saja Changi atau Incheon yang 73 persennya merupakan penumpang transit. Terminal 3 diharapkan bisa jadi hub maskapai SkyTeam sebelum meneruskan penerbangan ke negara lain,” ujar Faik.

Terminal 3 nantinya akan memiliki kapasitas 25 juta penumpang per tahun. Dari kapasitas tersebut, Garuda dan aliansi SkyTeam akan mendapat alokasi 18 juta penumpang sementara maskapai asing lainnya 7 juta penumpang.