Kugan Tangiisuran, Office Boy di maskapai AirAsia yang kini menjadi pilot.
Kugan Tangiisuran, Office Boy di maskapai AirAsia yang kini menjadi pilot.

AVIATREN.com – Nama Kugan Tangiisuran (31 tahun) mendadak ramai diperbincangkan di kalangan AvGeek. Pasalnya, Kugan berhasil menjadi seorang pilot di maskapai AirAsia setelah sebelumnya menjadi seorang Office Boy (OB).

Perjalanan Kugan untuk duduk di kursi Airbus A320 tidak semulus yang dibayangkan. Menurut situs CJ.MY, seperti dikutip AVIATREN, Senin (11/4/2016), Kugan harus melewati masa 9 tahun penantian ditambah 11 kali percobaan yang gagal.

Cerita menginspirasi Kugan itu pun didengar oleh CEO AirAsia Group Tony Fernandes dan membuatnya terharu.

“Saat saya berumur 8 tahun, saya sering mengantar keluarga ke bandara, saya melihat pesawat dari jarak dekat dan di situlah saya memutuskan ingin menjadi pilot,” cerita Kugan.

Pada awalnya, mimpi Kugan untuk menjadi pilot harus dikubur dalam-dalam sebab keluarganya tidak mampu membayar sekolah pilot yang terkenal mahal itu di Malaysia.

Setelah lulus SMA, Kugan justru sekolah manajemen hotel dan mendapatkan gelar Diploma-nya. Ia pun bekerja di beberapa hotel setelah lulus.

Teman Kugan yang tahu minatnya ingin menjadi pilot memberitahu bahwa AirAsia sedang mencari petugas office boy (OB). Ia pun mengambil kesempatan itu pada 2006.

Di tahun yang sama, Kugan juga lolos seleksi pilot yang diadakan oleh internal perusahaan, namun kebijakan saat itu tidak memperbolehkannya. Kugan setidaknya harus bekerja selama 2 tahun di departemennya sebelum boleh menjadi pilot.

Kugan pun tetap menekuni pekerjaannya sebagai OB, seperti mengirim surat.

Selama tujuh tahun dan berbagai kegagalan, Kugan terus berusaha dengan melamar sebagai pilot sebanyak 11 kali dan ikut tes kualifikasi sebanyak 4 kali.

Ia lulus ujian kualifikasi yang dibutuhkan pada 2013 dan diterima di Asia Pacific Flight Training (APFT) dan menyelesaikan kursus pilotnya pada Juni 2015 lalu.

Penerbangan pertama Kugan sebagai kopilot AirAsia adalah pada Agustus 2015 dengan rute Kuala Lumpur – Miri.

CEO AirAsia saat itu, Tony Fernandes yang memimpin upacara kelulusan pilot dikatakan sempat meneteskan air mata saat nama Kugan dipanggil.

Cerita lebih lengkap tentang Kugan si OB yang jadi pilot di AirAsia bisa dibaca di tautan berikut ini: http://cj.my/post/105764/office-boy-from-airasia-becomes-pilot/

https://www.youtube.com/watch?v=S9hyT2rJM5U