Batik Air dan Lion Air Resmi Beroperasi di Yogyakarta International Airport Kulonprogo

Batik Air di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) / TH. Aji Baruno.
Batik Air di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) / TH. Aji Baruno.

AVIATREN.com – Seluruh penerbangan domestik Batik Air (kode penerbangan ID) dan Lion Air (kode penerbangan JT) resmi beroperasi dari Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA) pada hari ini, Minggu (29/3/2020).

Operasional ini merupakan perpindahan keseluruhan penerbangan Lion Air dan Batik Air dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG).

Peresmian perpindahan ditandai pendaratan perdana Lion Air penerbangan JT-544 pukul 06.00 waktu setempat (Waktu Indonesia Barat/ WIB, GMT+ 07), pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LKO berangkat tepat waktu pada 04.51 WIB dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK).

Untuk keberangkatan pertama, Batik Air bernomor ID-6692 mengudara pada 06.00 WIB dengan Airbus 320-200, tujuan Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda (AAP).

Lion Air memiliki 46 frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) di Yogyakarta Kulonprogo, melayani 14 kota tujuan domestik, yaitu Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Jakarta (CGK), Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Tarakan, Makassar, Denpasar, dan Mataram.

Untuk fasilitas di Bandar Udara YIA, terminal keberangkatan domestik Batik Air berada di Island B, meja pelaporan (counter check-in) nomor B25-B32.

Untuk Lion Air keberangkatan domestik di Island Ccounter check-in nomor C9-C16. Layanan pelanggan (customer services) sampai saat ini terdapat atau tersedia di masing-masing Island.

Ruang tunggu (boarding gate/ waiting room) berada di lantai 3, yang akan terbagi menggunakan jalur penghubung (aviobridge atau garbarata) dan menggunakan bus (neoplane).