HeliCity dari WhiteSky Aviation

AVIATREN.com – Bandara Soekarno-Hatta kini menyediakan fasilitas taksi udara/taksi terbang menggunakan armada helikopter.

Taksi udara/taksi terbang dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta ini merupakan hasil kerja sama antara PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II dengan PT Whitesky Aviation selaku penyedia helikopter.

Menurut Direktur Utama PT Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmadja, layanan ini sudah ada sejak bandara helikopter (heliport) komersial di Soetta beroperasi pada 2019 lalu.

Adapun rute/tujuan taksi udara/terbang ini mencakup 72 titik di seputaran Jakarta dan Jabodetabek.

Bagaimana dengan soal harga taksi udara/terbang dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta?

“Range price sekitar Rp 8 jutaan hingga Rp 20 jutaan, itu facility-nya ada 3 sampai 4 passenger. Kalau carter flight di atas Rp 20 jutaan harganya,” terang Denon dikutip AVIATREN dari CNN Indonesia, Jumat (26/2).

Denon melanjutkan ada dua jenis helikopter yang bisa digunakan sebagai transportasi alternatif, yakni helikopter HeliCity serta helikopter kelas VIP.

“Helicity ini adalah satu yang bisa secara pricing affordable untuk kebanyakan masyarakat,” ucapnya.

Heliport di Bandara Soetta sendiri memiliki 10 hanggar yang mampu menampung 50 helikopter jenis Bell 505 atau setara dengan 20 unit helikopter Bell 429/Airbus H130.

Ke depan, heliport dengan investasi Rp 80 miliar itu juga akan dilengkapi dengan shooting point dan instalasi lampu untuk mendukung penerbangan malam. Lalu, ada customer lounge, cafe, kantor, fasilitas beserta person evacuation medic (heli medis).