Airbus vs Boeing, Siapa yang Menang di 2021?

Airbus dan Boeing
Airbus dan Boeing

AVIATREN.com – Dua produsen pesawat terbesar di dunia, Airbus dan Boeing, selalu berkompetisi dalam menawarkan berbagai pesawat dengan teknologi dan desain kabin yang mumpuni.

Perlombaan merayu konsumen atau maskapai untuk memesan pesawat teranyar mereka masing-masing ini juga terus terjadi selama beberapa tahun belakangan.

Untuk tahun 2021 ini, Boeing menerima 829 pesanan pesawat baru dari sejumlah konsumen di seluruh dunia, mengalahkan jumlah pesanan pesawat baru Airbus yang hanya mentok di 610 pesanan.

Meski kalah di jumlah pesanan pesawat baru, Airbus mengirimkan lebih banyak pesawat daripada Boeing sepanjang 2021. Airbus sukses mengirimkan 518 pesawat ke seluruh konsumennya di berbagai penjuru dunia, lebih banyak dibanding Boeing yang hanya mampu mengirimkan 302 pesawat.

Kendati demikian, jumlah pesawat Boeing yang ada di pasar masih lebih banyak dibanding Airbus dengan jumlah armada aktif mencapai 10.726 pesawat, selisih sekitar 1.500 pesawat dengan Airbus yang memiliki armada aktif mencapai 9.214 pesawat.

Tak mau kalah, Airbus kembali menaklukkan Boeing di jumlah penerbangan yang beroperasi menggunakan pesawatnya sepanjang 2021. Pada tahun tersebut, total penerbangan yang menggunakan pesawat Boeing tercatat mencapai 9,4 juta penerbangan, lebih unggul dibanding Boeing dngan 8,9 juta penerbangan.

Airbus lantas kembali dominan di jumlah pesawat yang dipensiunkan atau dipreteli sepanjang 2021.

Berdasarkan data ch-aviation, jumlah pesawat yang dipensiunkan produsen pesawat asal Perancis tersebut lebih sedikit dibanding produsen pesawat asal Amerika Serikat yang menjadi kompetitor sejatinya, yaitu 82 pesawat vs 126 pesawat.

Dengan kata lain, Airbus memenangkan kompetisi dengan Boeing di 2021 ini karena memenangkan tiga dari lima kategori kompetisi yang menentukan bisnis suatu produsen pesawat.

Selengkapnya, berikut pemenang kompetisi antara Airbus vs Boeing di 2021 ini dari berbagai kategori, sebagaimana dirangkum Aviatren dari Simpleflying.com, Sabtu (8/1/2022).

– Pengiriman pesawat terbanyak: Airbus
– Pemesanan pesawat baru terbanyak: Boeing
– Pesawat dengan armada aktif terbanyak: Boeing
– Pesawat dengan penerbangan terbanyak: Airbus
– Pesawat paling sedikit yang dipensiunkan atau dipreteli: Airbus