Travira Air Tambah Pesawat Amfibi DHC-6-400 Twin Otter

Ilustrais pesawat Viking Air De Havilland Canada (Viking Air) DHC-6

AVIATREN.com – Setelah didului dengan berbagai rumor, Travira Air akhirnya resmi menambah armadanya dengan pesawat baru, yaitu pesawat amfibi DHC-6-400 Twin Otter.

Berdasarkan data ch-aviation, pesawat terbaru milik perusahaan charter penerbangan tersebut berbasis di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pesawat yang mengusung kode registrasi PK-TVP dengan nomor serial pabrikan (Manufacturer Serial Number) 988 tersebut konon sudah beroperasi secara komersil sejak 30 Oktober 2021 lalu.

Sebagaimana dirangkum Aviatren dari ch-aviation, Selasa (1/2/2022), Travira Air menggunakan DHC-6-400 Twin Otter untuk membuka layanan penyewaan pesawat guna mengakomodir kegiatan penambangan di sekitar area Lombok untuk jangka panjang.

Beberapa area yang menjadi fokus operasi Travira Air sendiri mencakup daerah Sumbawa dan Bali, salah satunya adalah situs tambang tembaga dan emas Batu Hijau.

Adapun layanan yang dibuka operator charter pesawat ini bakal berdasarkan kontrak, sehingga jadwal dan durasi kerja samanya bisa disesuaikan berdasarkan persetujuan perusahaan penambang dan Travira Air.

Tak hanya pesawat DHC-6-400 Twin Otter, Travira Air sendiri kini memiliki beberapa tipe pesawat lainnya yang masih aktif.

Beberapa di antaranya seperti satu unit ATR 42-600, dua unit ATR 72-600, satu unit Beech 1900D, satu unit Beech King Air 300, dua unit Ceesna Caravan 208A, serta beberapa helikopter dan pesawat kecil lainnya.