Terminal 1A akan melayani keberangkatan dan kedatangan domestik, salah satunya yang bakal beroperasi mulai 1 April adalah Airfast.
Ilustrasi Terminal 1A Bandara Soekarno Hatta

AVIATREN.com – Setelah ditutup sejak awal pandemi, PT Angkasa Pura II (AP II) akhirnya bakal kembali membuka Terminal 1A di Bandara Internasional Soekaro Hatta mulai 1 April 2022.

Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa pembukaan Terminal 1A ini dilakukan sebagai langkah pengelola bandara untuk beradaptasi di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Awaluddin menyebut bahwa AP II kini tengah mempersiapkan pengaktifan kembali Terminal 1A, dibantu dengan berbagai pihak termasuk para stakeholder supaya nantinya bisa berjalan dengan lancar.

“Saat ini Bandara Soekarno Hatta perlu melakukan penyesuaian operasional dengan pengaktifan kembali Terminal 1 untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang,” ujar Awaluddin, dikutip Aviatre dari iNews.com, Jumat (1/4/2022).

Seperti sebelumnya, Terminal 1A akan melayani keberangkatan dan kedatangan domestik dari berbagai maskapai dalam negeri, salah satunya yang bakal beroperasi mulai 1 April adalah Airfast.

Super Air Jet juga bakal melayani penerbangan dari Terminal 1A mulai 6 April mendatang, disusul dengan Sriwijaya Air dan AirAsia Indonesia pada 12 April mendatang.

Sekadar informasi, Terminal 1A sendiri sebenarnya sudah mulai diaktifkan sejak Februari lalu.

Namun pengaktifan itu hanya untuk melayani kedatangan penumpang pesawat pada penerbangan terakhir setiap harinya (last flight arrival) untuk sejumlah penerbangan domestik. 

Persiapan untuk lebaran 2022

Executive General Manager Bandara Soekarno Hatta, Agus Haryadi mengatakan bahwa Terminal 1A ini nantinya bisa digunakan untuk mendukung kelancaran angkutan lebaran 2022 mendatang.

“Periode Angkutan Lebaran 2022, baik itu arus mudik dan arus balik, adalah menjadi periode yang harus diperhatikan,” tutur Agus dalam keterangan terpisah.

Untuk kelancaran aspek operasional, AP II memastikan semuanya siap untuk melayani penumpang ketika Terminal 1 dibuka. Beberapa kesiapan tersebut mencakup kesiapan personel dan fasilitas untuk aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan di terminal tersebut.

Dengan aktifnya Terminal 1A, maka keberangkatan dan kedatangan penumpang domestik di Bandara Soekarno Hatta otomatis akan dilayani di tiga terminal, yaitu melalui Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3.

Content Writer

View all posts