Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Bandara Soetta, Awaluddin menyebut pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, salah satunya adalah mengaktifkan kembali Terminal 1A
Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta

AVIATREN.com – Arus mudik Lebaran 2022 tampaknya sudah dimulai sejak pekan lalu. Pasalnya, PT Angkasa Pura II (AP II) mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang di 20 Bandara yang dikelolanya, termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada 22 April lalu.

“Pada 22 April, peningkatan pergerakan penumpang khusus untuk 20 bandara AP II, tidak kurang mendekati angka 160 ribu pergerakan,” ujar Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin, dikutip Aviatren dari Liputan6.com, Selasa (26/4/2022).

“Khusus Bandara Soetta saja, 22 April kemarin diangka 110 ribu pergerakan penumpang, jadi dominasi Soetta sebagai jangkar bandara domestik,” imbuh Awaluddin.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Bandara Soetta, Awaluddin menyebut pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, salah satunya adalah mengaktifkan kembali Terminal 1A, dan kemungkinan besar juga Terminal 1B di masa depan, untuk penerbangan domestik.

Sementara itu, demi meningkatkan kewaspadaan saat musim angkutan Lebaran 2022, AP II juga turut membuka Posko Angkutan Udara yang terletak di Terminal 1B Bandara Soetta, serta di terminal-terminal di 20 bandara lainnya yang dikelola AP II.

Awaluddin mengeklaim bahwa posko-posko ini diperkuat personel dari stakeholder bandara antara lain AP II selaku operator bandara, Satgas Penanganan Covid-19, Otoritas Bandara, maskapai, TNI, Polri, Pemda, Karantina, Bea dan Cukai, serta Imigrasi.

“Melalui posko ini seluruh stakeholder akan lebih mudah berkoordinasi untuk memastikan angkutan Lebaran di 20 bandara AP II berjalan dengan aman, tertib, selamat dan lancar sesuai prinsip safety, security, service, serta compliance terhadap berbagai regulasi,” pungkas Awaluddin.

Content Writer

View all posts