Airbus Pilih Flight Management System dari Honeywell untuk A320, A330, dan A350

Airbus.

AVIATREN.com – Produsen pesawat Airbus memilih sistem manajemen pesawat alias Flight Management System (FMS) generasi terbaru bikinan Honeywell untuk sistem penerbangan pesawat A320, A330, dan A350 di masa depan.

Sekadar informasi, FMS merupakan suatu platform yang memadukan software dan hardware, yang bertugas untuk mempermudah pilot melakukan navigasi pesawat, perencanaan penerbangan, dan pemilihan rute untuk mencapai destinasi tujuan.

Menurut President Electronic Solutions Honeywell Aerospace Jim Currier, penggunaan FMS bakal menguntungkan pesawat Airbus. Sebab, sistem ini memiliki beragam fitur yang diklaim canggih bisa meningkatkan efisiensi hingga keselamatan pesawat.

Selain itu, FMS bikinan Honeywell juga dibekali dengan fitur konektivitas terkini, salah satunya adalah Electronic Flight Bag (EFB), sehingga para pilot tak perlu khawatir untuk mengelola sistem pesawat ketika hendak diterbangkan.

“Pemilihan ini merupakan bukti bahwa Airbus yakin dengan sistem avionik kami,” ujar Jim dalam keterangan resmi yang diterima Aviatren, Senin (23/5/2022).

“FMS generasi terbaru kami bisa dipasangkan di pesawat A320, A330, dan A350, dan yang terpenting, mesin FMS ini 15 kali lebih canggih dibanding generasi sebelumnya,” imbuh Jim.

Sebelumnya, Airbus juga telah menggunakan FMS buatan Honeywell untuk pesawat A320, A330, A350, dan A380 mereka. Nah di FMS generasi terbaru ini, Honeywell menawarkan berbagai peningkatan, baik itu dari sistem software maupun hardware.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, FMS terbaru ini bisa dipasangkan di pesawat A320, A330, dan A350 tanpa harus mengganti bentuknya.

Selain itu, FMS teranyar ini juga bakal tersedia sebagai komponen retrofit untuk meremajakan sistem FMS generasi lawas pada pesawat A320 dan A330.

Honeywell mengatakan bahwa sistem FMS terbaru ini masih dalam pengembangan dan rencananya bakal resmi dipakai komersil oleh pesawat-pesawat Airbus tadi pada 2026 mendatang.