EASA berpendapat tidak menemukan bukti bahwa cat yang mengelupas di bodi pada pesawat Airbus A350 berpotensi menimbulkan masalah keselamatan.
Ilustrasi A350 Qatar

AVIATREN.com – Regulator keselamatan penerbangan Eropa (EASA) mengatakan bahwa mereka tidak menemukan adanya bukti bahwa cat yang mengelupas atau erosi di permukaan pada pesawat Airbus A350 berpotensi memiliki masalah keselamatan.

Masalah cat mengelupas ini yang menjadi pusat perselisihan hukum antara Airbus dan Qatar Airways. Kedua perusahaan berselisih mengenai kelaikan pesawat jet jarak jauh ini, setelah kerusakan pada lapisan luar pelindungnya, yang mengekspos lapisan pelindung petir yang rusak, sehingga membuat Qatar mengandangkan lebih dari 20 pesawat A350.

Airbus, yang didukung oleh European Union Aviation Safety Agency (EASA), telah mengakui kekurangan kualitas pada pesawatnya di beberapa maskapai, tetapi menyangkal bahwa masalah cat mengelupas merupakan risiko keselamatan, dengan berargumen bahwa ada banyak proteksi petir cadangan.

Qatar Airways, yang didukung oleh regulator nasionalnya sendiri, telah memerintahkan agar pesawat-pesawat A350-nya tidak beroperasi karena masalah cat mengelupas ini. Mereka berpendapat bahwa dampak keselamatan tidak dapat dipahami dengan baik sampai Airbus memberikan analisis teknis yang lebih dalam.

Dalam perseteruannya di pengadilan London, Airbus menuntut ganti rugi lebih dari 1 miliar dollar AS, dengan nilai klaim operator naik 4 juta dollar AS per hari.

“Kami telah memeriksa pesawat itu. Kami tidak melihat kerusakan yang dapat menyiratkan masalah keselamatan,” kata direktur eksekutif EASA, Patrick Ky, dikutip AVIATREN dari Reuters, Kamis (23/6/2022).

Dalam sebuah pernyataan, Qatar Airways mengatakan pihaknya yakin “dampak dari kondisi keselamatan pesawat yang terkena dampak hanya dapat diketahui setelah diselidiki dengan benar dan akar penyebab lengkapnya dapat dipastikan”.

Jika tidak ada penyelesaian, kedua belah pihak sedang menuju pengadilan tiga bulan mulai Juni tahun depan setelah seorang hakim Inggris menyerukan agar masalah itu dibawa ke kepala secepat mungkin, mencatat itu memiliki implikasi industri di seluruh dunia.

Berdasarkan kutipan rinci dari keputusan awal hakim, Qatar Airways telah mengindikasikan rencananya untuk menunjukkan bahwa masalah A350 berasal dari keputusan desain mendasar.

Airbus berpendapat bahwa erosi cat prematur adalah fitur dari teknologi karbon-komposit yang digunakan untuk membangun semua jet jarak jauh modern – pertukaran yang diperlukan untuk penghematan beratnya.