Pilot Hawk Buta Berhasil Mendarat Berkat “Wingman”

BAe Hawk RAF 100 Sqdn.
BAe Hawk RAF 100 Sqdn.

AVIATREN.com – Seorang pilot Angkatan Udara Inggris(RAF) mendaratkan pesawat tempur Hawk dengan kondisi penglihatan yang tergangggu. Ia berhasil mendarat dengan dipandu oleh pilot lain yang terbang di dekatnya.

Kejadian tersebut berlangsung pada Kamis (28/1/2016) lalu di markas Angkatan udara Inggris di Leeming. Dikutip AVIATREN dari The Telegraph, pejabat militer AU Inggris sempat menginstruksikan pilot yang dirahasiakan namanya itu untuk eject dari pesawat dengan kursi lontar.

Namun mengingat risiko cidera yang dialami setelah eject, komandan tersebut kemudian memerintahkan pilot lain, yaitu Letnan Penerbang Paul Durban untuk terbang dan memandunya mendarat.

Menurut juru bicara AU Inggris, Durban yang seorang penerbang Tornado berpengalaman itu diperintahkan untuk menjemput pilot yang mengalami gangguan penglihatan di udara, kemudian terbang dalam formasi dan mendarat di Leeming.

“Itu (mendarat dalam formasi) adalah kecakapan yang selalu dilatih setiap hari di AU Inggris,” ujar juru bicara tersebut.

BAe Hawk tersebut dioperasikan oleh Skuadron 100 sebagai jet latih tempur, dan sering bertindak sebagai jet musuh dalam misi latihan.