Penandatanganan kerja sama codeshare Garuda Indonesia dengan JAL, Kamis (6/9/2018).

AVIATREN.com - Garuda Indonesia dan Japan Airlines hari ini, Kamis (6/9) menandatangani kerjasama “Comprehensive Partnership Agreement”. Melalui 28 Oktober 2018, kedua maskapai menawarkan penerbangan codeshare untuk rute-rute domestik dan internasional tertentu di Jepang dan Amerika Serikat, maupun Indonesia yang dioperasikan Garuda Indonesia dan Japan Airlines.

Melalui kerja sama tersebut, Garuda Indonesia akan menjadi marketing carrier dan akan menempatkan nomor penerbangannya (flight number) pada penerbangan Japan Airlines pada rute Narita – Jakarta , Narita – New York dan Narita – Los Angeles untuk rute internasional, serta Haneda-New Chitose, Haneda-Nagoya-Chubu, dan Haneda – Fukuoka untuk rute intra Jepang.

Sebaliknya Japan Airlines akan menjadi marketing carrier atau  menempatkan nomor penerbangannya (flight number) pada penerbangan Garuda Indonesia untuk rute Jakarta – Haneda (pp), Denpasar - Narita  pp dan juga Jakarta – Yogyakarta, serta Jakarta – Surabaya pp.

President of Japan Airlines, Yuji Akasaka mengatakan bangga dapat bekerja sama dengan Garuda Indonesia yang telah mejadi maskapai bintang 5 versi Skytrax dan secara terus menerus melaksanakan program pengembangan layanannya. “Kami yakin kerjasama ini tentunya akan memberikan nilai lebih bagi para pengguna jasa kedua maskapai,” lanjut Yuji Akasaka.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury mengatakan, kerja sama code share dengan JAL akan semakin memperkuat jaringan penerbangan internasional kedua maskapai, terutama di kawasan Asia Pasifik, sekaligus memberikan nilai tambah bagi seluruh penumpang Garuda Indonesia dan JAL, khususnya dalam mempermudah penumpang untuk melakukan perjalanan dari Indonesia ke Jepang dan Amerika Serikat, maupun sebaliknya.

“Jepang merupakan salah satu pangsa pasar yang sangat penting bagi Garuda Indonesia. Pengguna dapat menikmati lebih banyak pilihan penerbangan menuju Jepang dan Indonesia,” kata Pahala dalam keterangan tertulis yang diterima AVIATREN, Kamis (6/9/2018).

Pahala juga mengatakan bahwa sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan,  saat ini Garuda Indonesia menggunakan armada Boeing 777-300 ER pada beberapa rute penerbangan ke Jepang, diantaranya Jakarta – Haneda  dan Denpasar – Narita yang memiliki layanan “First Class”, dan dilengkapi dengan fasilitas inflight connectivity (wifi), dan inflight entertainment (live tv).  

Selain itu, sebagai bentuk peningkatkan layanan terhadap segmen pasar Jepang, Garuda Indonesia saat ini juga memiliki awak kabin yang berasal dari Jepang yang siap untuk membantu para penumpang dalam hal kemudahan komunikasi pada saat memerlukan bantuan atau pun pelayanan selama dalam penerbangan.

Dengan berbagai kelebihan dan kemudahan dalam layanan tersebut, kini perjalanan antara kedua negara akan semakin nyaman.

Â