CRJ1000 NG Garuda Indonesia

AVIATREN.com – Di tengah masa sulit, Garuda Indonesia kian mempererat kerja sama dengan anak usahanya, Citilink. Maskapai pelat merah itu telah menandatangani kerja sama codeshare dengan Citilink pada awal September 2018 lalu.

Namun kerja sama keduanya tak hanya sampai di situ saja, sumber AVIATREN dalam industri menyebut bahwa pesawat CRJ1000 NG (CRK) milik Garuda Indonesia Explore juga akan dipakai untuk sejumlah rute penerbangan Citilink. Sumber tersebut mengatakan, CRJ1000 NG akan dipakai oleh Citilink mulai Oktober mendatang.

Beberapa rute-rute gemuk seperti Jakarta (CGK) – Batam/Surabaya/Denpasar, kabarnya akan dilayani dengan pesawat CRJ1000 NG.

Belum diketahui apakah pesawat tersebut akan diawaki oleh kru Garuda Indonesia atau kru Citilink, mengingat selama ini Citilink belum pernah mengoperasikan tipe pesawat buatan Bombardier itu. Kabar ini masih bersifat rumor, pihak Garuda Indonesia maupun Citilink belum memberikan keterangan resmi akan rumor yang beredar ini.

Baca juga: Garuda Indonesia Ganti ATR72 dan CRJ1000 dengan Bombardier CS300?

Ada juga wacanan Garuda Indonesia mengganti seluruh CRJ1000 NG dan ATR72-600 yang dioperasikan, dengan Bombardier C series, tepatnya CS300, yang kini namanya berubah menjadi Airbus A220-300.

Sebelumnya pernah beredar rumor bahwa pesawat ATR72 yang dioperasikan Garuda Indonesia akan diserahkan ke Citilink. Namun kabar tersebut akhirnya tidak terwujud.